Komandan Militer Libya Khalifa Haftar Dikabarkan dalam Kondisi Koma

12 April 2018
Komandan Militer Libya Khalifa Haftar Dikabarkan dalam Kondisi Koma

LIBYA (Jurnalislam.com) – Khalifa Haftar, seorang komandan militer kawakan di Libya, dilaporkan telah dirawat di sebuah rumah sakit di Perancis setelah menderita stroke dan berada dalam kondisi koma. Namun juru bicaranya membantah laporan itu.

Disebut-sebut sebagai calon pemimpin Libya, Haftar dirawat di rumah sakit di Yordania pada hari Selasa setelah mengalami kesulitan bernapas dan kemungkinan serangan jantung, sumber mengatakan kepada Al Jazeera pada hari Rabu (11/4/2016).

Menurut jurnalis Prancis Huguex Vincent, Haftar kemudian dikirim ke Paris dan pada hari Rabu dirawat di Val-de-Grace, sebuah rumah sakit militer di ibukota Prancis tersebut, dan kondisi kesehatannya “serius”, katanya di Twitter.

Pesawat Tempur Libya Ditembak Jatuh Dewan Shura Mujahidin di Derna

Tetapi rekan-rekan mantan komandan militer membantah laporan itu. Juru bicara Libyan National Army (LNA) di Libya timur, Ahmed al-Mismari, mengatakan kepada al-Nabaa TV bahwa sang jenderal baik-baik saja dan berita kesehatannya yang memburuk tidaklah benar.

Bekas sekutu Muammar Gaddafi, Haftar, yang kini berusia 75 tahun, kembali ke Libya tujuh tahun lalu dari Amerika Serikat untuk bergabung dengan revolusi yang didukung NATO yang mengakhiri empat dekade pemerintahan satu orang.