KH Cholil Ridwan: Hijrah Adalah Titik Awal Kemenangan Islam

KH Cholil Ridwan: Hijrah Adalah Titik Awal Kemenangan Islam

JAKARTA (Jurnalislam.com) – Mantan Ketua MUI, KH Cholil Ridwan mengajak umat Islam Indonesia untuk mengembalikan kedaulatan umat dengan hijrah. Pesan itu disampaikan dalam orasinya pada acara Reuni Akbar Alumni 212 di Kawasan Monumen Nasional (Monas), Sabtu (2/12/2017).

“Kalau umat Islam Indonesia diem, tidur, dan enjoy dengan kebiasaannya maka nasib umat Islam Indonesia dari tahun ke tahun akan semakin terpuruk,” terang Kyai Cholil.

Ia mencontohkan, Rasulullah Shallalohu Alaihi Wassalam merubah Mekkah dengan berhijrah ke Yastrib. Menurutnya, perubahan yang dilakukan Rasulullah di Mekkah tidak akan terjadi jika tidak hijrah.

“Jika tidak ada hijrah maka tidak akan ada umat Islam di tanah air ini, maka hijrah adalah titik awal kemenangan Islam,” tegasnya berapi-api.

Lebih lanjut, ia membagi hijrah yang harus dilakukan umat Islam Indonesia pasa tiga aspek utama. Yang pertama adalah hijrah ekonomi.

“Maka mulai sekarang kita hijrah dari belanja di toko-toko milik non muslim ke toko milik umat Islam,” kata Kyai Cholil yang terlihat memegang tongkat.

Kedua, hijrah pendidikan. Ia mengimbau umat Islam untuk berhenti menyekolahkan anak-anaknya ke sekolah-sekolah Kristen.

“Wajib hijrah, masukan anak-anak kita ke sekolah-sekolah Islam dan pesantren. Haram hukumnya menyekolahkan anak-anak kita ke sekolah-sekolah Kristen dan sekolah sekuler, ini sudah ada fatwanya yang dikeluarkan oleh FK-FPPI tahun 1995 di Ponpes Attaqwa KH Noer Ali Bekasi,” papar pendiri Pengajian Politik Indonesia (PPI) itu.

Ketiga, hijrah politik. Ia menegaskan, umat Islam wajib hijrah dari partai politik dan pemimpin pendukung Perppu Ormas.

“Terakhir, hijrah dari memilih pemimpin yang diusung oleh partai-partai pendukung perppu dan penista agama,” pungkasnya.

Bagikan
Close X