Ketika Aa Gym, TGB dan Ustaz Abdul Somad Satu Panggung

PAROMPONG (Jurnalislam.com) –Apa jadinya jika tiga tokoh agama nasional yaitu dai kondang KH Abdullah Gymnastiar, Ustaz Abdul Somad, dan Gubernur NTB TGB Muhamad Zainul Majdi berada dalam satu panggung dakwah?

Tentu, materi dari mereka sangat ditunggu-tunggu. Rupanya pertemuan langka ini terjadi pada hari Ahad (1/4/2018) di di Eco Pesantren DT , Bandung.

Tak ada rasa canggung diantara ketiganya, bahkan sesekali mereka saling memuji satu sama lain. Tidak hanya memberikan nasehat kepada jamaah yang hadir namun mereka juga saling memberikan nasehat sesama tiga ulama besar ini.

Ustad Abdullah Gymnastiar, atau akrab disapa Aa Gym ini menjadi moderator dan duduk berada ditengah diantara Ustad Abdul Somad Dan TGB Muhamad Zainul Majdi. Dirinya menceritakan pengalamannya ketika banyak orang yang menghujatnya, hingga ia merasa bahwa telah menuhankan manusia yang kerap memujinya.

Bahkan ketika itu dirinya merasa orang-orang yang dahulu mendekati dirinya kini tak lagi mau mendekat, namun dirinya memetik pelajaran bahwa kawan sejati adalah mereka yang mau bersama kita ketika kita sulit.

” Dari situ kita akan tau siapa teman sejati kita,” katanya dalam menceritakan kisahnya.

Ia melanjutkan, Kala itu dirinya sadar bahwa harta dan popularitas telah menjadi tuhan secara tidak sadar, hingga dirinya meratapi semua hal itu.

Sementara dirinya bercerita, kedua ulama yang berada di samping kiri dan kanannya terlihat terdiam sembari menundukkan pandangan. Diakhir cerita dirinya menyampaikan jangan sampai hal itu terjadi kepada kedua ulama yang ada di samping kiri dan kanannya itu.

Kedua ulama yakni Ustad Abdul Somad, Dan TGB Muhamad Zainul Majdi menerima dan mengaku hal itu adalah pelajaran berharga bagi mereka.

Diakhir acara, ketiganya memimpin doa secara bergantian, mulai dari AA Gym, Ustad Abdul Somad, dan terakhir dari TGB, sementara ketiganya berdoa tak terasa diantara mereka ada yang meneteskan air mata.

Reporter: Saifal