Kerusuhan Meluas, Trump Dilaporkan Mengungsi ke Bunker

Kerusuhan Meluas, Trump Dilaporkan Mengungsi ke Bunker

WASHINGTON(Jurnalislam.com) — Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dilaporkan sempat diungsikan ke bunker saat demonstrasi pengecaman kematian George Floydberlangsung di Gedung Putih pada Jumat (29/5) malam. Massa sesekali terlibat bentrokan dengan aparat kepolisian.

Kabar mengenai diungsikannya Trump ke bunker dilaporkan oleh New York Times. “Agen-agen Secret Service tiba-tiba membawa presiden ke bunker bawah tanah yang digunakan di masa lalu selama serangan teroris,” tulis New York Times, dikutip laman the Guardian, Senin (1/6).

Tak diterangkan reaksi spesifik Trump saat agen Secret Service membawanya ke bunker. “Presiden (Trump) dan keluarganya bingung dengan pengalaman mereka pada Jumat malam, menurut beberapa penasihat,” kata New York Times.

Pada Jumat pekan lalu, Trump sempat mengomentari aksi demonstrasi yang mengecam kematian George Floyd di luar Gedung Putih melalui akun Twitter pribadinya. Seperti sebelumnya, Trump melontarkan ancaman kepada massa.

“Jika mereka (menerabas pagar), mereka akan disambut dengan anjing-anjing paling ganas dan senjata paling tidak menyenangkan yang pernah saya lihat. Saat itulah orang-orang akan terluka parah,” kata Trump.

Trump dilaporkan telah menjalin percakapan dengan keluarga George Floyd. Tapi menurut saudara laki-laki Floyd, Philonise Floyd, pembicaraan itu berlangsung sangat singkat. “Dia (Trump) tidak memberi saya kesempatan untuk berbicara,” katanya kepada MSNBC.

George Floyd adalah pria Afrika-Amerika yang tewas pada Senin pekan lalu. Dia meninggal setelah dipiting dan dijepit lehernya dengan menggunakan lutut oleh petugas kepolisian Minneapolis. Floyd ditangkap karena dilaporkan menggunakan uang palsu pecahan 20 dolar AS.

sumber: republika.co.id

 

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close X