Kemenag Siapkan Kurikulum Madrasah Ramah Anak

Kemenag Siapkan Kurikulum Madrasah Ramah Anak

MAKASSAR(Jurnalislam.com) — Kementerian Agama melalui Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah tengah mempersiapkan dan menyusun Konsep Standar Kelas Sementara Kelas Ramah Anak Pada Madrasah.

Kasubdit Kelembagaan Direktorat KSKK Madrasah, Abdullah Faqih mengatakan,  kedepan akan ada pedoman yang menjadi standar pelaksanaan madrasah ramah anak dan aman bencana. 

Dikatakan Faqih, selanjutnya, akan diterapkan pada daerah-daerah yang rawan bencana agar proses pendidikan tidak berhenti karena adanya bencana, tapi sudah disiapkan antisipasi proses pendidikan yang tetap berjalan dengan konsep kelas sementara yang ramah anak.

“Salah satu program yang disiapkan untuk melakukan pemetaan kebutuhan madrasah kata Faqih akan dilakukan Evaluasi Diri Madrasah (EDM) sehingga apa hal yang menjadi priorotas dalam madrasah tersebut bisa disiapkan baik dalam penganggaran maupun dalam penyusunan rencana kegiatan,” ujar Faqih dalam diskusi Penyusunan Standar Kelas Sementara Ramah Anak Pada Madrasah di Makassar, Rabu (24/07).

Kasi Kelembagaan dan Kerja sama MI /MTs pada Direktorat KSKK  Madrasah Zulkifli menambahkan, target dari Kementerian Agama, khususnya Direktorat KSKK Madrasah adalah menghasilkan sebuah konsep penyusunan atau standar kelas sementara pada madrasah.

“Seorang anak membutuhkan proses pembelajaran secara berkesinambungan. Untuk itu, kedepan perlu ada konsep ataupun sebuah standar yang bisa dijadikan pedoman dalam melaksanakan sekolah ramah anak dan aman dari bencana,” ujar Zulkifli.

Sumber: kemenag.go.id

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X