Kampanye Vaksinasi Kolera Terbesar di Dunia Digelar di Kamp Pengungsi Rohingya

11 Oktober 2017
Kampanye Vaksinasi Kolera Terbesar di Dunia Digelar di Kamp Pengungsi Rohingya

JENEWA (Jurnalislam.com) – Kampanye vaksinasi kolera oral terbesar kedua di dunia dimulai pada hari Selasa (10/10/2017) di kamp pengungsi Muslim Rohingya di Bangladesh, kata PBB.

“Kampanye imunisasi kolera besar-besaran dimulai hari ini di dekat Cox’s Bazar, Bangladesh, untuk melindungi Rohingya yang baru tiba dan komunitas inang dari penyakit diare yang mengancam jiwa,” kata PBB dalam sebuah pernyataan pada hari Selasa, lansir Anadolu Agency.

Kapal Sarat Muatan Berjumlah 100 Orang Rohingya Terbalik di Distirk Bazar Cox

“900.000 dosis vaksin telah disiapkan dan dikirim oleh lebih dari 200 tim vaksinasi seluler, menjadikannya kampanye vaksinasi kolera oral terbesar kedua,” kata PBB.

Kampanye tersebut dipimpin oleh Kementerian Kesehatan Bangladesh dan didukung oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan UNICEF.

Sejauh ini belum ada kasus kolera di antara pengungsi Rohingya di Bangladesh, kata WHO.

Menurut UNICEF, ini adalah kampanye vaksinasi oral terbesar kedua di dunia setelah Haiti pada tahun 2016.

“Pekan lalu, sedikitnya 10.292 kasus diare telah dilaporkan dan ditangani di seluruh pemukiman dan kamp. WHO telah memperingatkan potensi wabah kolera,” kata PBB.

Uni Arakan Rohingya: Pembunuhan Terhadap Muslim Rohingya Masih Berlanjut

Para pengungsi tersebut melarikan diri dari operasi militer di Myanmar di mana pasukan Budha Myanmar dan gerombolan Buddha membunuhi pria, wanita dan anak-anak, memperkosa, menyiksa, memutilasi, menjarah rumah dan membakar desa Rohingya.

Sejak 25 Agustus, ketika militer melancarkan tindakan brutal terhadap warga Muslim Rohingya, 519.000 warga Rohingya telah menyeberang dari negara bagian Myanmar, Rakhine ke Bangladesh, menurut PBB.

Ini adalah gerakan populasi sipil di Asia yang “terbesar dan tercepat” sejak tahun 1970an, kata PBB.