Jutaan Rakyat Turki Peringati 1 Tahun Kegagalan Kudeta Militer

16 Juli 2017
Jutaan Rakyat Turki Peringati 1 Tahun Kegagalan Kudeta Militer

ISTANBUL (Jurnalislam.com) – Upacara peringatan untuk menandai ulang tahun pertama upaya kudeta dimulai Sabtu di Jembatan ikonik Martir 15 Juli yang dihadiri Presiden Recep Tayyip Erdogan di Istanbul, Anadolu Agency melaporkan, Sabtu (15/7/2017).

Erdogan bergabung dengan jutaan orang di jembatan Bosphorous, yang namanya untuk menghormati para martir setelah usaha kudeta.

Acara peringatan dimulai dengan lagu kebangsaan, dilanjutkan dengan pembacaan Alquran.
Sebelumnya, setelah berkumpul di distrik Beylerbeyi, Cengelkoy, Altunizade dan Kisikli di sisi Asia kota, orang-orang bergerak ke jembatan di tengah keamanan yang ketat.

Jembatan itu ditutup pada malam percobaan kudeta dan puluhan orang terbunuh di sana.

Aksi yang disebut “democracy watches” akan dimulai setelah tengah malam.
Kemudian, Erdogan dijadwalkan berangkat ke Ankara, di mana dia akan berbicara di parlemen pada pukul 02.32 waktu setempat (1132GMT), bersamaan dengan saat parlemen dibom pada malam usaha kudeta.

Acara hari ahad tersebut akan dimulai dengan doa pagi di Masjid Bestepe Millet Ankara, diikuti dengan pembukaan Monumen Martir 15 Juli di kompleks kepresidenan.
Organisasi Teroris Fetullah (FETO) dan pemimpinnya yang berbasis di AS, Fetullah Gulen, melakukan kudeta yang dikalahkan pada 15 Juli 2016, yang menyebabkan 250 orang menjadi martir dan hampir 2.200 orang lainnya terluka.

Ankara juga menuduh FETO berada di balik operasi jangka panjang untuk menggulingkan negara melalui infiltrasi institusi Turki, terutama militer, polisi dan pengadilan.