Jauh dari Standar, Pelatihan Imam Masjid Ideal ala Nabi Digelar

Jauh dari Standar, Pelatihan Imam Masjid Ideal ala Nabi Digelar

KARANGANYAR (Jurnalislam.com) – Profesi Menjadi seorang Imam Masjid adalah Profesi yang sangat Mulia. Menurut pimpinan ponpes Salman Al Farisi 2, Ustaz Fajriansyah, Lc, profesi ini pernah diemban nabi dan para sahabat.

“Profesi Imam masjid adalah profesi yang sangat mulia karena Rosululloh dan para Sabahat Khulafaurosyidin juga pernah mengemban profesi ini, selain menjadi pemimpin negara,” katanya sesaat memaparkan materi pelatihan Imam Masjid sesuai cara Rasul di Masjid Quba Arrohman Blumbang, Tawangmangu Karanganyar, Ahad (2/4/2017).

Ia menjelaskan, karena pentingnya profesi seorang imam Masjid, maka sudah selayaknya Imam masjid mengetahui syarat dan rukun menjadi seorang imam yang baik dan benar.

Senada dengan Fajriansyah, Ustaz Muhammad Amrulloh, pemateri selanjutnya mengatakan, Imam masjid merupakan tugas yang sangat mulia. Akan tetapi, kata dia, banyak diantara mereka yang masih enggan untuk serius menempuh idealnya seorang imam.

“Hal ini diakibatkan banyak dari imam tersebut masih sangat jauh dari standar bacaan Alqurannya ” jelas penempuh pendidikan magister Ilmu Tafsir IAIN Surakarta tersebut.

“Salah satu penyebab kurang Standarnya bacaan Imam adalah kurangnya belajar dan sudah merasa cukup dalam mempelajari Ilmu Tilatulqur’an” tambah Guru MIT Isykarima tersebut.

Sebelumnya, acara ini digelar disebabkan minimnya pengetahuan dan standardisasi Imam masjid. “Acara ini kami laksanakan karena rasa keprihatinan kami kepada para imam masjid terutama di daerah yang masih sangat jauh dari standar menjadi Seorang Imam. InsyaaAlloh acara-acara seperti ini akan kita laksanakan di daerah lain di Kabupaten Karanganyar ini,” ujar Kelik Subagyo, panitia acara dari Korp Da’i An Nubala ini.

Bagikan
Close X