Jamin Keamanahan, MUI: Donasi untuk Palestina Siap Diaudit

Jamin Keamanahan, MUI: Donasi untuk Palestina Siap Diaudit

JAKARTA(Jurnalislam.com)–Majelis Ulama Indonesia menyerahkan donasi sebesar Rp 22,3 miliar secara simbolis ke Dubes Palestina untuk Indonesia, Mr Zuhair Al-Shun.

 

Sekretaris Jenderal MUI, Buya Amirsyah Tambunan, pada pertemuan itu menyampaikan, dana amanah dari umat itu akan digunakan untuk pembangunan RSIH Hebron, Tepi Barat, Palestina. MUI, ujar dia, akan sangat serius mengawal proses donasi sehingga aman dan tepat sasaran.

 

“Kita ingin dana ini tepat sasaran sesuai dengan amanah masyarakat Indonesia. Niat baik masyarakat Indonesia, khususnya umat Islam harus kami iringi dengan sikap prosedural administratif, sehingga kita bisa terpercaya dan mampu mempertanggung jawabannya dengan baik. MUI siap  bahkan diaudit, demikian juga penggunaan untuk sampai ke Wali Kota Hebron,” ungkapnya.

 

MUI, lanjut dia, terus berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri RI dan KBRI Amman, Yordania. Duta Besar Indonesia untuk Palestina berkedudukan di Yordania. Dia memastikan bahwa donasi ini resmi melalui jalur negara.

 

Direktur Timur Tengah Direktorat Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri RI, Bagus Hendraning, Kobarsyih mengatakan, Kemenlu RI selalu siap sedia membantu penyaluran donasi dengan tepat sasaran melalui KBRI Amman, Yordania. Dubes Indonesia untuk Palestina sendiri berkedudukan di Amman.

 

“Kami sebagai mitra MUI, mewakili pemerintah RI di luar negeri. Kami melakukan koordinasi dengan KBRI Amman, Palestina dimana Dubes Palestina berada di bawah KBRI Palestina. Ada rekan kami yang ditugaskan khusus mengani masalah Palestina ini,” ungkapnya.

 

MUI mengawali pembangunan RSIH Hebron ini setelah sebelumnya melaksanakan MoU dengan Wali Kota Hebron, Tayser Abu Sneineh. Isi MoU itu, MUI berusaha mengumpulkan dana Rp 100 miliar sampai akhir 2022 untuk pembangunan empat lantai sedangkan Wali Kota Hebron mencari tanah seluas 4.000 meter persegi. RSI Hebron akan menjadi rumah sakit kedua dari bangsa Indonesia setelah Rumah Sakit Indonesia di Gaza.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X