Responsive image

Jalani Ramadhan, Ini 10 Pesan dan Seruan MUI

Jalani Ramadhan, Ini 10 Pesan dan Seruan  MUI

SOLO (Jurnalislam.com)- Sambut Bulan Suci Ramadhan 1438 H, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Surakarta memberikan 10 panduan dan seruan kepada warga Soloraya dan dibacakan anggota MUI ustadz Nur Hadi Waseso saat memberikan sambutan pada aksi Tarhib Ramadhan 1438 H di Masjid Agung Surakarta, Kamis(25/5/2017). Berikut 10 seruan MUI :

  1. Menyambut dan menyiapkan diri dengan sebaik-baiknya dalam menyambut bulan suci Ramadhan 1438 H, dimulai dari menata niat, mental dan perilaku keseharian.
  2. Memperbanyak amal ibadah baik ritual maupun sosial, sesuai syariat islam dengan berpegang teguh pada ajaran Islam ahlu sunnah wal jamaah.
  3. Meningkatkan kualitas keimanan dan ketakwaan pada Allah, dengan melaksanakan kegiatan-kegiatan ibadah wajib dan sunnah.
  4. Agar semua pihak menghormati dan mematuhi ketentuan pemerintah dengan penuh kesadaran dan mengusahakan agar berbagai bentuk kegiatan yang mengandung unsur-unsur kemaksiatan dapat dicegah, termasuk juga perlu dilakukan penertibkan tempat-tempat maksiat/munkarat.
  5. Tidak makan, minum dan merokok di sembarang tempat, pada waktu siang hari.
  6. Mengeluarkan Zakat fitrah, infak dan sedekah serta zakat mal, yang dikordinir oleh lembaga amil zakat yang ada, untuk disalurkan kepada yang berhak (mustahiq).

7. Kepada para aghniya dalam melaksanakan pembagian Zakat , untuk menghindari hal yang tidak diinginkan seperti, jatuhnya korban akibat berjejal-jejal menunggu antrian. Agar sedapat mungkin menyalurkan melalui Lembaga Amil Zakat yang resmi.

  1. Meningkatkan tri kerukunan umat beragama, antar umat beragama dan umat beragama dengan pemerintah.
  2. Pengunaan pengeras suara diluar/diatas untuk kegiatan Tadarus Al-Qur’an dibatasi sampai pukul 22.00 wib. Selanjutnya mengunakan pengeras suara didalam /dibawah.
  3. Mengumandangkan takbir,tahmid dan tasbih secara santun dan khusu’ di Masjid/Mushola atau tempat lain pada 1 Syawal, sejak terbenamnya matahari sampai dengan menjelang Idul Fitri.

“Kami ucapkan selamat menunaikan ibadah di bulan suci Ramadhan, semoga Allah selalu memberikan taufik dan hidayahNya serta, menerima ibadah puasa kita,”pungkasnya

Bagikan
Close X