Isi Khutbah Jumat Mau Diatur, Azyumardi Azra: Kemenag Kaya Nggak Punya Kerjaan

Isi Khutbah Jumat Mau Diatur, Azyumardi Azra: Kemenag Kaya Nggak Punya Kerjaan

JAKARTA (Jurnalislam.com) – Wakil Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Azyumardi Azra ikut berkomentar soal Kementerian Agama Kota Bandung tentang pengaturan materi khutbah.

“Untuk apa? Kementerian Agama kayak nggak punya kerjaan,” katanya di kantor MUI, Jakarta, Rabu (22/1/2020).

Dia mengkritik wacana pengaturan materi khotbah oleh Kementerian Agama. Hal ini mencuat setelah Kemenag wilayah Bandung mewacanakan hal tersebut.

Menurut dia, Kemenag memiliki penyuluh agama di bawah Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam, sehingga dapat ditangani kasus per kasus.

Menurut dia, justeru mayoritas khatib dan penceramah baik serta damai.

“Iya mungkin satu dua saja yang keras-keras. Jadi jangan hanya karena ada kasus seperti itu dibikin kebijakan,” katanya.

Dia mengatakan, negara tidak mempunyai kapasitas dan kemampuan untuk melakukan itu.

Karenanya, kata dia, Kemenag perlu melakukan kebijakan dan langkah-langkah lebih produktif dalam menghadapi gejala radikalisme.

“Caranya bukan dengan menyeragamkan khutbah, lakukanlah lokakarya kebangsaan, keislaman, itu yang harus dilakukan,” ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kementerian Agama Kota Bandung akan mengatur isi khotbah Jumat di wilayahnya. Naskah khotbah haruslah diatur sedemikian rupa sehingga dapat menjaga toleransi dan ketenteraman dalam masyarakat.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X