Inggris, Perancis dan AS Kembali Kutuk Rezim Assad atas Penggunaan Senjata Kimia

Inggris, Perancis dan AS Kembali Kutuk Rezim Assad atas Penggunaan Senjata Kimia

WASHINGTON (Jurnalislam.com) – AS, Inggris, dan Prancis pada hari Selasa (21/8/2018) sekali lagi mengutuk penggunaan senjata kimia oleh rezim Nushairiyah Bashar al-Assad di Suriah, lansir Anadolu Agency.

Dalam pernyataan bersama pada kesempatan peringatan lima tahun serangan gas sarum Ghouta di Damaskus yang menewaskan ratusan, ketiga negara mengatakan bahwa sejak 2012, rezim telah menggunakan senjata kimia selama serangan militer, tidak hanya di Ghouta tetapi juga di Khan Sheikhoun, Ltamenah, Saraqib, dan Douma.

Sedikitnya 100 orang tewas dan ratusan lainnya terluka dalam serangan kimia pada April 2017 di Khan Sheikhoun di provinsi Idlib barat.

Baca juga: 

“Sebagai Anggota Tetap Dewan Keamanan, kami menegaskan kembali keputusan bersama kami untuk mencegah penggunaan senjata kimia oleh rezim Suriah, dan untuk menetapkan bahwa mereka bertanggung jawab atas penggunaan senjata semacam itu,” kata pernyataan itu.

AS, Inggris, dan Prancis mengatakan sikap mereka atas penggunaan senjata kimia oleh rezim tidak berubah.

“Seperti yang telah kami tunjukkan, kami akan menanggapi secara tepat atas penggunaan senjata kimia oleh rezim Suriah, yang menghasilkan konsekuensi kemanusiaan yang menghancurkan bagi penduduk Suriah,” menurut pernyataan itu.

Ketiga negara juga menyambut baik keputusan Organisasi untuk Larangan Senjata Kimia (the Organization for the Prohibition of Chemical Weapons-OPCW) pada bulan Juni yang menyebutkan pelaku di balik serangan senjata beracun di Suriah, dan mengatakan hal itu “akan membantu memastikan bahwa para pelaku yang menggunakan senjata kimia di Suriah tidak dapat melarikan diri dari identifikasi.

Lancarkan Propaganda, Rusia Buat Sandiwara di Gedung Pelarangan Senjata Kimia

“Kami tetap berkomitmen untuk mengamankan keadilan bagi korban penggunaan senjata kimia,” kata mereka.

Mereka juga menyuarakan keprihatinan serius tentang laporan serangan militer oleh rezim Suriah terhadap warga sipil di Idlib, dan konsekuensi kemanusiaan yang dihasilkan.

“Kami mendesak pendukung rezim Assad untuk menggunakan pengaruh mereka demi menegakkan norma global terhadap penggunaan senjata kimia.”

Mereka juga meminta komunitas internasional untuk mendukung upaya untuk mengakhiri penggunaan senjata kimia Suriah.

Bagikan

One thought on “Inggris, Perancis dan AS Kembali Kutuk Rezim Assad atas Penggunaan Senjata Kimia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X