India Akan Deportasi Semua Pengungsi Muslim Rohingya ke Myanmar

India Akan Deportasi Semua Pengungsi Muslim Rohingya ke Myanmar

INDIA (Jurnalislam.com) – India berencana mengirim tujuh Muslim Rohingya kembali ke Myanmar dalam deportasi pertama anggota kelompok minoritas Myanmar sejak Kementerian Dalam Negeri memerintahkan otoritas negara tahun lalu untuk mengidentifikasi dan mendeportasi mereka dan semua warga negara lain yang berada di negara itu secara ilegal.

Petugas polisi senior Bhaskar Jyoti Mahanta mengatakan pada hari Rabu (3/10/2018) bahwa tujuh orang ditangkap pada 2012 karena memasuki India secara ilegal dan telah ditahan di sebuah penjara negara bagian Assam.

Mereka kemungkinan akan diserahkan ke penjaga perbatasan Myanmar pada hari Kamis, kata Mahanta. India telah memperoleh izin perjalanan bagi mereka dari otoritas Myanmar.

Baca juga: 

Tujuh orang itu dibawa pada hari Rabu dengan bus dari penjara ke kota perbatasan Moreh di negara bagian Manipur, kata Mahanta.

Sekitar 700.000 orang Rohingya telah menyeberang ke Bangladesh untuk melarikan diri dari operasi kekerasan brutal oleh militer Myanmar.

Diperkirakan 40.000 warga Rohingya telah berlindung di berbagai tempat di India. Kurang dari 15.000 terdaftar di Komisi Tinggi PBB untuk Pengungsi.

Banyak yang menetap di daerah dengan populasi Muslim yang besar, termasuk kota selatan Hyderabad, negara bagian Uttar Pradesh, New Delhi, dan wilayah Himalaya di utara Jammu-Kashmir. Beberapa orang mengungsi di India timur laut yang berbatasan dengan Bangladesh dan Myanmar.

Baca juga: 

Pemerintah India mengklaim memiliki bukti ada ekstremis di kalangan Muslim Rohingya yang telah menetap di banyak kota di India yang mengancam keamanan negara. India memerangi pejuang Muslim Kashmir  di Kashmir utara dan di negara-negara bagian timur laut.

Pengadilan tinggi India sedang mendengarkan petisi yang diajukan atas nama dua Muslim Rohingya yang menentang keputusan pemerintah untuk mendeportasi kaum Muslim Rohingya  dari India.

Rohingya mendekati Mahkamah Agung setelah menteri urusan rumah junior India, Kiren Rijiju, mengatakan kepada Parlemen tahun lalu bahwa pemerintah negara bagian telah diminta untuk mengidentifikasi dan mendeportasi orang-orang yang memasuki negara itu secara ilegal, termasuk Rohingya.

Rijiju mengatakan India akan mendeportasi semua pengungsi  Muslim Rohingya, termasuk mereka yang telah terdaftar oleh badan pengungsi PBB

Bagikan

3 thoughts on “India Akan Deportasi Semua Pengungsi Muslim Rohingya ke Myanmar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close X