Hari Santri, Pengurus NU Ziarahi Makam Syuhada Pasukan Hizbullah

Hari Santri, Pengurus NU Ziarahi Makam Syuhada Pasukan Hizbullah

JAKARTA(Jurnalislam.com)–Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Semarang, Jawa Tengah menziarahi komplek makam laskar Hizbullah yang gugur dalam perang mempertahankan kemerdekaan RI di kawasan Front Markas Medan Tenggara (MMTG) Samarang.

Rais PCNU Kota Semarang KH Habief Ismail mengatakan, kawasan Kelurahan Tlogosari Kulon, Kecamatan Pedurungan, Kota Semarang dulu pada era perang  kemerdekaan menjadi bagian medan tempur antara laskar Hizbullah yang beranggotakan para santri dan kiai melawan tentara Belanda yang ingin kembali menjajah Indonesia.

“Puluhan santri dan kiai itu gugur dan dimakamkan di sini, terima kasih kepada masyarakat dan warga NU di Tlogosari yang merawat komplek makam ini dengan baik sehingga setiap saat bisa diziarahi,” kata Kiai Hanief di Semarang, Rabu (21/10).

Dikatakan, PCNU Kota Semarang dengan disertai para pengurus lembaga, badan otonom NU, dan nahdliyin di ibukota Jateng, Senin (19/10) menziarahi makam tersebut.

“Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian agenda kegiatan Hari Santri 2020. Bagai nahdliyyin, ziarah ke makam orang-orang saleh adalah ajaran yang sudah mentradisi,” paparnya.   Dari kegiatan ini lanjutnya, bisa diambil keteladanan semangat dan keikhlasan para santri dan kiai zaman itu yang begitu ikhlas mendarmabaktikan dirinya untuk keutuhan NKRI.

Sumber: nu.or.id

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X