Gelar Kajian Peduli Muslim Rohingya, Ribuan Umat Islam Padati Masjid Agung Karanganyar

Gelar Kajian Peduli Muslim Rohingya, Ribuan Umat Islam Padati Masjid Agung Karanganyar

KARANGANYAR (Jurnalislam.com)- Dalam rangka menyambut 1 Muharram 1439 Hijriyah, Aliansi Umat Islam Karanganyar mengelar Tabligh Akbar ‘Peduli Muslim Rohingya’ dengan menghadirkan pemateri pengasuh MTQ Karomah 13 Palu, Gus Nur dan relawan One, Care Ustaz Kholil Abu Ausath serta Ustaz Dodi Abu Fatih di Masjid Agung Karanganyar, Kamis (19/9/2017).

Ketua panitia kajian Ustaz Syamsudin Asrori mengatakanbahwa acara bertujuan merajut rasa ukhuwah antar ormas Islam di Karanganyar. Selain itu, agar umat Islam ikut merasakan penderitaan muslim Rohingya

“Salah satu ciri iman adalah peduli terhadap urusan muslim yang lain, termasuk urusan saudara muslim di Rohingya, makanya untuk mewujudkan rasa empati ini kami menggadakan Tabligh Akbar ini,”paparnya dihadapan ribuan jamaah yang hadir.

Sementara itu, Ustaz Dodi menjelaskan bahwa kondisi umat Islam di Rakhine State sangat memilukan, menurutnya, konflik yang ada sejak tahun 2012 itu, timbul akibat kecemburuan sosial dari masyarakat Budha terhadap Masyarakat Muslim yang mengalami perkembangan.

” Sejak tahun 2012 mereka di Isolasi, di usir, bahkan mereka tidak punya KTP karena tidak diakui oleh pemerintah Myanmar, dan di desa muslim pun tidak dialiri listrik, di sekitar kampung muslim itu, sebenarnya dibikin Danau, tapi umat Islam dilarang mengambil air tersebut dan akhirnya mengalami krisis air,”terangya.

Sementara itu, Pengasuh MTQ 13 Karomah Palu, Gus Nur menegaskan, bahwa konflik yang terjadi di Rakhine State adalah penindasan yang dilakukan Budha dan militer terhadap muslim Rohingya. Karenanya, ia membantah dengan tegas terhadap pihak-pihak yang menyebut Rohingya hanya sebuah isu politik di Indonesia.

“Rohingya itu bukan politik, Rohingya itu bukan Migas,Rohingya itu bukan pipa, siapa yang bilang politik dan pipa, coba buka matanya, mereka itu saudara muslim kita, sesama muslim itu seperti tubuh, satu sakit yang lainnya sakit,”tegasnya. Dalam acara tersebut, panitia juga melakukan penggalangan dana untuk muslim Rohingya.

Reporter: sardy

Bagikan
Close X