Responsive image

Fahmi Salim: Perppu Ormas Akan Merugikan Dakwah

Fahmi Salim: Perppu Ormas Akan Merugikan Dakwah

SUKOHARJO (Jurnalislam.com) – Sekretaris Komisi Dakwah Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat, Dr. Fahmi Salim Zubair mengatakan, pemerintah telah melakukan langkah mundur dengan diterbitkannya Perppu No 2 Tahun 2107 tentang Organisasi Kemasyarakatan (Ormas).

Menurutnya, munculnya kebijakan-kebijakan dari pemerintah yang banyak menyudutkan umat Islam di era reformasi ini tak ubahnya kembali lagi ke zaman orde baru dimana dakwah Islam sangat dibatasi.

“Salah satu nilai reformasi yang menjadi berkah umat Islam adalah umat berhasil keluar dari kungkungan rezim otoriter dan represif. Kalau sekarang muncul seperti ini (perppu ormas), berarti kita kembali ke zaman orde baru, dan ini akan merugikan dakwah Islam,” ujarnya.

Lebih lanjut, kata dia, dengan Perppu tersebut pemerintah bisa dengan sewenang-wenang membubarkan paksa ormas-ormas yang dianggap tak sejalan.

Selain itu, lanjutnya, Perppu ormas juga ditafsirkan secara sepihak, seperti dalam kasus HTI.

“Belum dibuktikan bertentangan dengan pancasila sesuai prosedur, namun sudah dibubarkan pemerintah tanpa melalui putusan pengadilan. Sekarang itu kan trennya siapa saja yang mendakwahkan Islam secara konsisten akan disebut anti pancasila, jadi undang-undang atau regulasi karet yang bisa digunakan untuk memberangus ormas-ormas Islam,” terangnya.

Bagikan
Close X