Erdogan pada PBB: Dunia Ini Lebih Besar dari Sekedar Lima Negara

Erdogan pada PBB: Dunia Ini Lebih Besar dari Sekedar Lima Negara

ANKARA (Jurnalislam.com) – 24 Oktober 1945 adalah ketika Piagam PBB mulai berlaku dan dirayakan setiap tahun sebagai Hari Perserikatan Bangsa-Bangsa. Pada tahun 1971, Majelis Umum PBB merekomendasikan hari tersebut untuk ditetapkan oleh negara-negara anggota sebagai hari raya nasional.

Erdogan mengulangi seruan berulang-ulang untuk reformasi PBB: “Reformasi PBB dibutuhkan, reformasi tidak dapat ditunda, terbengkalai, atau diabaikan,” lansir Anadolu Agency, Selasa (24/102017)

Mengingat slogannya yang terkenal “dunia ini lebih besar dari lima negara” – sebuah referensi untuk lima anggota Dewan Keamanan permanen China, Prancis, Rusia, Inggris dan Amerika Serikat – Erdogan bertanya:

“Selama ketidakadilan di Dewan Keamanan PBB saat ini tidak diperbaiki, mungkinkah membangun perdamaian dunia dan mencapai sebuah reformasi PBB yang lengkap dengan sukses?”

Ini Jawaban Syeikh Abu Qatadah Bagi Orang yang Menahan Diri dari Mengkafirkan Erdogan

Dia mengatakan Turki akan terus menawarkan dukungan untuk reformasi yang menurutnya akan mengubah PBB menjadi struktur yang “adil, demokratis, transparan, efektif dan akuntabel”.

Tentang “kontribusi signifikan” negaranya terhadap upaya PBB, Erdogan mengingatkan bagaimana Turki merawat lebih dari tiga juta orang Suriah yang melarikan diri dari perang di tanah air mereka.

Perdana Menteri Binali Yildirim, dalam pesan Hari PBB, menyerukan kerja sama internasional melawan terorisme “yang merupakan ancaman bagi keamanan dan perdamaian semua umat manusia”.

“Sebagai perdana menteri sebuah negara yang telah berjuang melawan terorisme (PKK dan IS) selama bertahun-tahun, saya percaya bahwa perang melawan terorisme hanya dapat dicapai dengan kerja sama dan solidaritas internasional,” kata Yildirim.

Bagikan
Close X