Erdogan Ajak Jokowi Bahas Pembantaian di Gaza pada Sambungan Telepon

ANKARA (Jurnalislam.com) – Presiden Turki pada hari Rabu (16/05/2018) melakukan serangkaian pembicaraan telepon dengan banyak para pemimpin negara untuk membahas perkembangan terakhir di sepanjang perbatasan Gaza.

Recep Tayyip Erdogan mendesak negara-negara anggota Organisasi Kerjasama Islam-OKI (Organization of Islamic Cooperation-OIC) untuk mengambil “sikap lazim” atas pembantaian warga Gaza dalam percakapan telepon dengan Presiden Indonesia Joko Widodo, pemimpin Qatar Amir Sheikh Tamim bin Hamad al-Thani, dan Presiden Sudan Omar al-Bashir, lansir Anadolu Agency.

Seruan telepon Erdogan dilakukan setelah sedikitnya 62 warga Palestina gugur dan ribuan lainnya terluka oleh tembakan lintas-perbatasan oleh pasukan penjajah Israel pada hari Senin (14/5/2018).

Erdogan: Kami Tidak Akan Pernah Akui Yerusalem Sebagai Ibukota Israel

Para pemimpin juga membahas pertemuan luar biasa OKI di Istanbul pada Jumat ini di tengah meningkatnya ketegangan di Palestina dan relokasi Washington atas kedutaannya dari Tel Aviv ke Yerusalem.

Erdogan mengatakan komunitas internasional harus berbicara demi penderitaan rakyat Palestina dan menyerukan kelompok untuk mengambil sikap tegas dan lazim.

Kemudian pada hari Rabu, dalam panggilan telepon, Erdogan dan Kanselir Jerman Angela Merkel setuju bahwa situasi di Gaza saat ini membahayakan solusi yang sedang diupayakan.

Bagikan