Duta Besar AS untuk PBB Nikki Haley Tiba-tiba Mengundurkan Diri

Duta Besar AS untuk PBB Nikki Haley Tiba-tiba Mengundurkan Diri

WASHINGTON (Jurnalislam.com) – Presiden AS Donald Trump menerima pengunduran diri Duta Besar untuk PBB pada hari Selasa (9/10/2018).

Nikki Haley dan Trump membuat pengumuman resmi yang langka di Oval Office di mana Haley mengatakan dia akan meninggalkan administrasi Trump pada akhir tahun.

Menjelaskan keputusannya untuk keluar dari posnya di PBB, Haley berkata, “Saya orang yang percaya dengan batas waktu.”

“Saya pikir Anda harus cukup sadar tanpa pamrih untuk mengetahui kapan Anda harus minggir dan membiarkan orang lain melakukan pekerjaan itu,” katanya. “Pengalaman ini adalah kehormatan seumur hidup.”

Dia membantah spekulasi bahwa dia akan mencalonkan diri dalam pemilihan presiden 2020, berpotensi melawan presiden dari partai Republik, dan mengatakan dia malah akan berkampanye untuk Trump.

Haley mengawasi upaya diplomatik presiden di PBB, terutama seruannya untuk mereformasi badan internasional tersebut dan dorongan internasional untuk menekan Korea Utara.

Tapi dia juga memiliki perbedaan dengan Trump.

Dia mengakui di Washington Post pada bulan September bahwa “Saya tidak setuju dengan presiden dalam segala hal.”

“Jika saya tidak setuju dengan sesuatu dan percaya itu cukup penting untuk diangkat oleh presiden, saya melakukannya. Dan dia mendengarkan. Kadang-kadang dia mengubah arah, kadang-kadang tidak,” katanya dalam artikel yang membahas kekhawatiran tentang siapa di administrasi yang berusaha untuk merongrong presiden menyusul anonim New York Times.

Baca juga: AS Kecam Rusia, Iran dan Rezim Assad di Tengah Serangan ke Idlib

Trump mengatakan dia akan mencalonkan pengganti dalam beberapa pekan mendatang, namun tetap memuji hasil kerja Haley sebagai “karya yang fantastis.”

Pengunduran diri Haley terjadi satu hari setelah pengawas pemerintah menyerukan penyelidikan terhadap Haley setelah dia dan suaminya menerima penerbangan dengan pesawat pribadi, tetapi the Citizens for Responsibility and Ethics di Washington mengakui “dua hal ini mungkin tidak ada hubungannya.”

Kelompok itu mengirim surat pada hari Senin kepada Inspektur Jenderal Departemen Luar Negeri yang memintanya untuk memeriksa tujuh penerbangan gratis yang diambil oleh duta besar dan suaminya, memperkirakan harganya mencapai puluhan ribu dolar.

Haley mengatakan dalam bentuk pengungkapan keuangan, penerbangan itu berasal dari tiga pengusaha Carolina Selatan yang berteman dekat dengannya, menurut pengawas.

Haley adalah gubernur Carolina Selatan sejak 2011 hingga 2017 saat ia menduduki jabatan PBB-nya.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close X