Disbudpar Jateng Pastikan Tidak Ada Perayaan Asyura Syiah di PRPP Semarang

Disbudpar Jateng Pastikan Tidak Ada Perayaan Asyura Syiah di PRPP Semarang

SEMARANG (Jurnalislam.com) – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah menegaskan, pihaknya tidak akan mengizinkan PRPP Semarang untuk acara Perayaan Hari Asyura Syi’ah. Pernyataan itu disampaikan oleh Sekretaris Disbudpar Jateng, Raharja di hadapan pimpinan ormas-ormas Islam se-Jateng DIY.

“Menurut keputusan walikota tertanggal 1 oktober 2016 Gedung PKJT ( Pusat Kesenian Jawa Tengah) yang ada di PRPP hanya khusus untuk acara kesenian. Gedung tersebut bukan tempat ibadah, diluar itu (kesenian-red) kami stop,” tegasnya di kantor Disbudpar Jateng Jalan Pemuda 136, Semarang, Kamis (6/10/2016).

Namun, jika pada kenyataannya acara Asyura tetap digelar di tempat itu, ormas Islam mengancam akan melaporkan Disbudpar.

“Pertama kalo ijin itu diberikan maka jenengan akan benturan dengan umat Islam Jawa tengah dan DIY. Yang kedua, jenengan akan berbenturan dengan undang-undang yang jenengan buat sendiri bahwa gedung PRPP untuk kesenian,” tegas salah satu perwakilan ormas Islam, Ustadz Mustaqim, Lc.

Sebelumnya, pimpinan ormas Islam dan ulama se-Jateng dan DIY itu mendatangi Mapolda Jawa Tengah dengan permintaan serupa. Dengan dalih belum masih dalam pertimbangan, pihak Polda Jateng melalui Kabid 3 Intelkam, AKBP Budi Agus mengatakan belum mengeluarkan izin atas pemberitahuan acara peringatan Asyura Syiah dari Yayasan Nurut Tsaqolain selaku panitia.

Bagikan
Close X