Di Hadapan Umat Budha, Menag Cerita Maju dan Damainya Negara Arab

Di Hadapan Umat Budha, Menag Cerita Maju dan Damainya Negara Arab

JAKARTA (Jurnalislam.com) – Menteri Agama Fachrul Razi ceramah tentang kedamaian di hadapan ratusan pemuka agama Buddha.

Menurut dia, kedamaian sangat penting untuk kemajuan bangsa dan negara.

Pada pertemuan itu, dia menuturkan pengalamannya selepas pulang dari Negara Arab yang sangat maju.

“Ia mengatakan gini ke saya dan beberapa teman, ‘Anda bangun hotel mewah banyak. Siapa yang mau tinggal di situ? Kan harus ada orang datang (untuk) tinggal. Orang nggak akan datang kalau kehidupan di tempat Anda tidak damai tidak tenteram mustahil,” tutur Fachrul yang baru kembali dari kunjungan kerjanya ke Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Dari cerita tersebut, Menag menyimpulkan bahwa kedamaian menjadi salah satu syarat agar sebuah negara dan bangsa dapat bergerak maju.

“Damai itu sangat perlu dibutuhkan bukan hanya dalam kaitan pembangunan agama tapi juga dan kaitan pembangunan ekonomi bangsa kita,” katanya pada Silaturahmi dan Evaluasi Pelaksanaan Program Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Buddha Kementerian Agama, di Jakarta, Rabu (18/12/2019).

Menurut dia, kedamaian sangat besar dampaknya. Bukan saja bagi pembangunan kehidupan agama, tetapi juga terhadap pembangunan ekonomi sebuah bangsa.

Maka itu, dia mengapresiasi kehidupan antarumat beragama yang selama ini telah berjalan dengan baik.

Hal ini menurutnya tak lepas dari ajaran semua agama yang selalu menekankan bukan hanya pada hubungan vertikal kepada Tuhan YME, tapi juga jalinan hubungan horizontal antarmanusia.

“Saya kira, semua agama memiliki tujuan yang sama, yaitu memperbaiki akhlak. Dalam Islam, Rasulullah itu diturunkan untuk memperbaiki akhlak dan ini ujungnya tentu kedamaian,” tuturnya.

Silaturahmi bersama Menteri Agama ini dihadiri sekitar 200 pemuka agama Buddha. Hadir pula Dirjen Bimas Buddha Caliadi, Biksu Sangha, Ketua WALUBI Hartati Murdaya, dan Ketua Permabudhi Arief Harsono.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X