Di Bandung, Cuaca Dingin Sebabkan Daun Membeku

8 Juli 2018
Di Bandung, Cuaca Dingin Sebabkan Daun Membeku
Daun membeku di di Desa Neglasari, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung, Jawa Barat

BANDUNG (Jurnalislam.com) – Cuaca dengan temperatur cukup rendah melanda wilayah Bandung membuat dedauan di Desa Neglasari, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung, Jawa Barat membeku. Salah seorang warga Kertasari, Yanto, mengakui adanya daun membeku setiap pagi di sana.

“Itu daun yang membeku pas pagi hari itu ada di daerah atas, daerah pegunungan, di Desa Neglasari, kebetulan teman saya ada yang tinggal di sana dan kata teman saya memang daun di sana membeku kalau pagi hari,” kata salah seorang warga Desa Cibeureum, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung, Yanto, Sabtu (7/7/2018) dilansir Republika.

Yanto mengaku saat ini udara pada pagi hari di tempat tinggalnya terasa lebih dingin dari biasanya. “Di Kota Bandung saja suhu, katanya mencapai 16 derajat, apalagi di sini kang, daerah saya kan daerah dataran tinggi, jadi memang sangat dingin,” tambahnya.

Menurut dia suhu udara yang dingin terutama dini hari membuat embun menjadi terasa beku. “Suka muncul embun yang akan terasa kasar seperti beku saat pagi hari. Bahkan kata teman saya yang di Neglasari, dia itu menyimpan motor di luar malam hari, ketika subuh mau dipakai itu motornya diselemuti semacam es,” jelas dia.

Ia menuturkan untuk menghangatkan badan dan ruangan warga di Kecamatan Neglasari bisanya menyalakan perapian di dalam pemanas tradisional yang disebut hawu. “Rata-rata warga punya hawu untuk menghangatkan suhu ruangan dan tubuh,” kata dia.