Demo Depan Kedubes Saudi, Massa Syiah: Arab Saudi Kerajaan Setan

JAKARTA (Jurnalislam.com) – Puluhan massa dari berbagai LSM Pro Syiah yang tergabung dalam Human Rights Alliance berunjuk rasa di depan Kedubes Arab Saudi Jl Rasuna Said, Kuningan, Jakarta, Senin (4/1/2015). Mereka mengecam eksekusi mati tokoh Syiah, Nimr Bagir Al Nimr oleh pemerintah Arab Saudi. (Baca: Tak Terima Tokohnya Dieksekusi, Siang Ini LSM Pro Syiah Demo Kedubes Arab Saudi)

"Kita datang ke sini sebagai bentuk protes terhadap tahanan politik yang dihukum tanpa pengadilan khususnya Ayatullah Nimr yang dieksekusi Saudi Arabia," kata koordinator aksi, Adi Joban.

Dalam aksinya, massa membentangkan spanduk kecaman terhadap pemerintah kerajaan Arab Saudi. Salah seorang orator bahkan mengatakan, Arab Saudi sebagai kerajaan Setan. 

"Orang yang memakai simbol Al-Qur'an, orang yang memakai simbol-simbol Islam, simbol Mekah dan Madinah, mereka juga bisa melakukan kejahatan, mereka juga bisa melakukan kemaksiatan, sebagaimana yang dilakukan Kerajaan setan Saudi Arabia," tegasnya.

Massa meminta pemerintah Indonesia untuk mengadukan Raja Salman kepada PBB. "Jadi yang harus dilakukan pemerintah Indonesia meminta kepada PBB untuk segera memproses Raja Salman sebagai penanggung jawab atas kejahatan yang ia lakukan," tegasnya

Kerajaan Arab Saudi pada Sabtu 2 Januari 2016 lalu mengeksekusi mati 47 tahanan politiknya. Empat diantaranya adalah pengikut Syiah yang salah satunya Nimr Bagir. Nimr ditangkap dan divonis mati dengan dakwaan menghasut warga Syiah di Timur Saudi untuk memberontak kepada Kerajaan. 

Reporter: Irfan | Editor: Ally | Jurnalislam

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.