Delegasi Amerika Serikat Kunjungi Qatar, Ini Permintaannya

10 Agustus 2017
Delegasi Amerika Serikat Kunjungi Qatar, Ini Permintaannya

DOHA (Jurnalislam.com) – Amir Qatar Tamim bin Hamad Al-Thani bertemu dengan delegasi AS yang berkunjung ke ibukota Doha pada hari Rabu (09/08/2017), Anadolu Agency melaporkan.

Delegasi tersebut termasuk Wakil Asisten Sekretaris AS untuk Tim Urusan Teluk Arab (Arabian Gulf Affairs Team) dan pensiunan jenderal Anthony Zinni, menurut televisi pan-Arab Al-Jazeera.

Kunjungan tersebut dilakukan di tengah krisis diplomatik antara Qatar dan empat negara Arab lainnya – Arab Saudi, Mesir, Uni Emirat Arab dan Bahrain.

Keempat negara tersebut menuduh Qatar ikut campur dalam urusan mereka dan mendukung terorisme, sebuah klaim yang ditolak oleh Doha.

Keempat Negara tersebut memutuskan hubungan diplomatik dengan Doha, memberlakukan blokade laut, darat dan udara dan mengajukan serangkaian tuntutan ke Doha jika tidak ingin menghadapi sanksi lebih lanjut.

Qatar sebaliknya berpendapat bahwa blokade tersebut melanggar hukum internasional.

Pekan lalu, Sekretaris Negara AS Rex Tillerson mengatakan bahwa dia akan mengirim delegasi ke Teluk untuk membantu menyelesaikan konflik tersebut.

“Saya akan mengirim Tim kembali ke daerah tersebut … dan saya juga meminta Zinni untuk tetap bersama Tim sehingga kami dapat mempertahankan tekanan konstan di lapangan … Kami berkomitmen untuk menyelesaikan ketidaksepakatan ini, memulihkan persatuan Teluk, karena kami berpikir ini penting untuk upaya jangka panjang dalam mengalahkan terorisme di wilayah ini,” katanya.

Pada hari Senin, delegasi AS mengunjungi Kuwait, yang telah menjadi penengah untuk menyelesaikan konflik tersebut.