CIA Rilis Dokumen dan Video Milik Syeikh Usamah yang Dicuri saat Serangan 2011

CIA Rilis Dokumen dan Video Milik Syeikh Usamah yang Dicuri saat Serangan 2011

WASHINGTON (Jurnalislam.com) – Badan Intelijen Pusat pada hari Rabu (1/11/2017) merilis sebuah arsip besar berisi dokumen dan video yang dicuri dalam serangan AS 2011 di sebuah kompleks Pakistan yang membunuh pemimpin al Qaeda Syeikh Usamah bin Laden, lansir Middle East Eye.

Periset dari sebuah lembaga think tank Washington yang sebelumnya memiliki akses ke dokumen yang baru dideklasifikasi itu mengatakan bahwa video tersebut termasuk video pernikahan dan catatan harian Syeikh bin Laden yang ditinggalkan oleh jihadis kelahiran Saudi itu.

“Rilisan hari ini … memberi kesempatan kepada rakyat Amerika untuk mendapatkan informasi lebih jauh mengenai rencana dan cara kerja organisasi ini,” kata direktur CIA Mike Pompeo.

CIA telah memasukkan 470.000 file tambahan yang dicuri pada bulan Mei 2011 ketika Angkatan Laut AS SEAL meledakkan kompleks Abbottabad dan membunuh pemimpin tandzim global al-Qaeda.

Menurut Thomas Joscelyn dan Bill Roggio, ilmuwan dari Foundation for Defense of Democracies yang diizinkan untuk mempelajari hasilnya sebelum dipublikasikan, memberikan wawasan baru.

“Dokumen-dokumen ini akan membantu kita mengisi kekosongan yang masih ada mengenai kepemimpinan Al Qaeda,” kata Roggio.

Dokumen-dokumen ini termasuk jurnal pribadi bin Laden dan 18.000 file dokumen, sekitar 79.000 file audio dan gambar dan lebih dari 10.000 file video, kata CIA.

Putra Syeikh Usamah: Al Qaeda telah Berkembang Pesat Meskipun Hadapi Perang 15 Tahun

Dimasukkannya video pernikahan Hamza Bin Laden, misalnya, memberi informasi kepada publik tentang anak kesayangan bin Laden sebagai orang dewasa.

CIA mengatakan bahwa materi tersebut, seperti yang dirilis di masa lalu, memberikan wawasan tentang asal-usul perbedaan antara al-Qaeda dan kelompok Islamic State (IS), koordinasi di dalam al-Qaeda dan sekutu-sekutunya, dan masalah yang dihadapi al-Qaeda pada saat syahidnya Syeikh Usamah.

Materi yang dirilis pada hari Rabu itu diposkan secara online dalam bahasa Arab aslinya.

Ini adalah tahap keempat yang dipublikasikan oleh pemerintah AS sejak Mei 2015 dari materi yang diambil dari kompleks berdinding dimana bin Laden dan keluarganya tinggal.

Materi yang masih belum dirilis ditahan karena bisa membahayakan keamanan nasional, atau kosong, rusak atau merupakan sebuah duplikat, atau dilindungi oleh hak cipta, kata sebuah pernyataan CIA.

Bagikan
Close X