Bom istisyhad Bunuh Milisi Syiah Houthi di Yaman Tengah

SANAA (Jurnalislam.com)  – Dua pembom istisyhad sedikitnya menewaskan dua milisi Houthi di Yaman tengah, pada hari Selasa (3/3/2015), sumber keamanan mengatakan.

Tidak ada yang segera mengaku bertanggung jawab atas serangan itu tetapi bom tersebut mirip dengan yang dilakukan oleh Al Qaeda di Semenanjung Arab (AQAP), salah satu faksi jihad yang memerangi Syiah Houthi.

Sumber mengatakan sedikitnya 15 anggota lain dari kelompok tersebut, yang secara resmi dikenal sebagai Ansarullah, terluka dalam serangan di sebuah pusat pemuda yang berubah menjadi sebuah pos milisi Syiah di kota al-Baydah di pusat kota Yaman.

Peperangan telah menyebar dan berlangsung intensif di Yaman sejak Syiah Houthi didukung Iran menguasai ibu kota Sanaa pada 21 September dan menyebar ke selatan dan timur, merebut daerah Muslim Sunni dan mendapatkan perlawanan sengit dari Muslim Sunni.

Yaman semakin berada dalam kekacauan politik sejak bulan Januari setelah pemberontak Houthi merebut istana presiden dan memaksa Presiden Abd-Rabbu Mansour Hadi yang didukung Barat dan jajaran pemerintahannya untuk mengundurkan diri.

 

Deddy |Reuters | Jurniscom

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.