Bersamaan dengan Aksi Bela Palestina di Monas, Ribuan Warga Turki Gelar Aksi Serupa

Bersamaan dengan Aksi Bela Palestina di Monas, Ribuan Warga Turki Gelar Aksi Serupa

ANKARA (Jurnalislam.com) – Ribuan orang berkumpul di Lapangan Anadolu Ankara pada hari Ahad (17/12/17) untuk memprotes pengakuan Presiden AS Donald Trump atas Yerusalem sebagai ibukota Israel, aksi digelar bersamaan dengan aksi Bela Palestina 17.12.17 di Monas (Monumen Nasional) Jakarta yang diselenggarkan GNPF Ulama.

Keputusan Trump pekan lalu memicu demonstrasi di seluruh dunia termasuk di wilayah Palestina yang diduduki, Turki, Mesir, Yordania, Tunisia, Aljazair, Irak, Indonesia dan negeri-negeri Muslim lainnya, lansir Anadolu Agency.

Sukses Gelar Aksi Peduli Palestina Terbesar di Dunia, Begini Curhatan UBN

Reli pro-Yerusalem diorganisir oleh serikat pekerja Memur Sen dan Hak-Is, Yayasan Bantuan Kemanusiaan IHH Turki, Asosiasi Pemuda Anatolia, dan yayasan Cihannuma dan ONDER.

“Kami tidak akan dibungkam sampai Yerusalem dibebaskan dari pendudukan Zionis,” kata Ketua Memur Sen Sen Ali Yalcin, saat pidato pembukaannya.

“Apapun Masjid al-Haram dan Masjid Nabawi berarti bagi kita, Masjid al-Aqsha adalah sama,” kata Ketua Hak-Is Mahmut Arslan.

Ketua IHH Bulent Yildirim, Yayasan Pemuda Anatolia, Salih Turhan, wakil ketua Yayasan Cihannuma Ahmet Akca dan Ketua Yayasan ONING Halit Bekiroglu juga menyampaikan unjuk rasa tersebut.

Paman Fawzi al-Juneidi, seorang anak Palestina yang ditahan oleh pihak berwenang Israel pekan lalu, juga menghadiri demonstrasi tersebut atas sebuah undangan oleh panitia.

Juneidi, 16, telah menjadi simbol protes Palestina yang sedang berlangsung melawan keputusan Trump pada 6 Desember.

Majelis Nasional Agung Administrator Turki Ahmet Gundogdu, Wakil Ketua Partai Republik (CHP) Veli Agbaba dan para deputi lainnya juga menghadiri demonstrasi tersebut.

Reli dimulai dengan lagu kebangsaan, diikuti dengan pertunjukan dan pembacaan Alquran.

Yerusalem tetap menjadi jantung konflik Israel-Palestina, dengan penduduk Palestina berharap bahwa Yerusalem Timur – yang sekarang sedang dijajah oleh Israel – pada akhirnya dapat berfungsi sebagai ibukota negara Palestina masa depan.

Aksi Bela Palestina 171217 di Monas, Jakarta
Aksi Bela Palestina 171217 di Monas jakarta
Bagikan
Close X