Belgia Sumbangkan $23 Juta ke Palestina, Setelah AS Potong Bantuan ke UNWRA

Belgia Sumbangkan $23 Juta ke Palestina, Setelah AS Potong Bantuan ke UNWRA

BELGIA (Jurnalislam.com) – Belgia mengumumkan pada hari Rabu (18/1/2017) bahwa pihaknya akan menyumbangkan € 19 juta ($ 23 juta) ke badan PBB untuk pengungsi Palestina – menyusul keputusan AS untuk memotong bantuan kepada badan tersebut, lansir World Bulletin Kamis (18/1/2018).

Belgia akan mengalokasikan bantuan tersebut dalam tiga tahun, menurut sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh Wakil Perdana Menteri Alexander De Croo.

“Bagi banyak pengungsi Palestina, UNRWA (Badan Bantuan dan Pengungsi Palestina untuk Pengungsi Palestina di Timur Dekat) adalah pelampung kehidupan terakhir,” kata De Croo, menambahkan bahwa pembayaran tahunan pertama akan segera diberikan.

Departemen Luar Negeri AS mengumumkan pada hari Selasa bahwa pihaknya memotong bantuan sebesar $ 65 juta ke Palestina.

Lanjuti Keputusan Trump, AS Potong Dana Bantuan Kemanusian untuk PBB

UNRWA menyediakan layanan bagi 5,3 juta pengungsi Palestina di wilayah Palestina, Yordania, Lebanon dan Suriah.

Pada 6 Desember, Presiden AS Donald Trump secara resmi mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel dan memerintahkan relokasi kedutaan AS dari Tel Aviv ke kota suci tersebut.

Pergeseran kebijakan AS memicu kecaman di dunia Arab dan Muslim dan gelombang protes di tanah Palestina dan dunia yang menyebabkan sedikitnya 16 orang Palestina tewas.

Yerusalem tetap menjadi jantung konflik Israel-Palestina, dengan Palestina berharap bahwa Yerusalem Timur – yang dijajah oleh Israel sejak 1967 – pada akhirnya dapat berfungsi sebagai ibukota negara Palestina merdeka.

Bagikan
Close X