Responsive image

Bela Uighur, Ribuan Warga Sukabumi Gelar Aksi di Depan Kantor Wali Kota

Bela Uighur, Ribuan Warga Sukabumi Gelar Aksi di Depan Kantor Wali Kota

SUKABUMI (Jurnalislam.com) – Dugaan persekusi yang dialami muslim Uighur di Xinjiang yang dilakukan oleh pemerintah Cina akhir-akhir ini menjadi perhatian, khususnya bagi umat islam di berbagai belahan dunia, tak terkecuali oleh umat islam di Sukabumi.

Ribuan massa dari berbagai ormas yang tergabung dalam Aliansi Muslim Indonesia Raya (AMIR) Menggelar Aksi damai di depan Kantor Walikota Sukabumi untuk menentang pemerintah China yang telah melakukan penindasan terhadap Umat Islam etnis Uighur di Xinjiang, Cina, Kamis (26/12/2019).

Setelah shalat zuhur dan shalat gerhana matahari  berjamaah di Masjid Agung Kota Sukabumi, ribuan Massa langsung bergerak menuju Kantor Walikota Sukabumi dengan membawa atribut media yang menyuarakan pembelaan terhadap mulim Uighur.

Cuaca mendung dan sempat gerimis tidak menyurutkan massa untuk mendengarkan para orator yang berorasi diatas mobil komando.

Dalam aksi tersebut para orator menyampaikan pembelaan dan kecaman terhadap pemerintah komunis Cina yang telah melakukan penindasan terhadap muslim Uyghur sehingga memicu kemarahan masyarakat internasioal dan umat Islam.

Mereka juga mendesak kepada pemerintah Indonesia untuk tidak diam terkait peristiwa yang terjadi kepada Muslim Uighur di Xinjiang.

Dalam pantauan jurnalislam.com tampak hadir Walikota Sukabumi Fahmi menyimak orasi-orasi yang disampaikan oleh para orator, sehingga mendapat apresiasi dari peserta aksi dengan teriakan takbir.

Diakhir acara dibacakan Pernyataan Sikap Aliansi Muslim Indonesia Raya (AMIR) yang mengecam CIna dan menuntut pemerintah Indonesia dapat terlibat aktif membantu muslim Uighur.

Reporter: Taufik Hady

 

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close X