Begini Pesan Pemimpin Jihad Palestina di Suriah untuk Kamp Pengungsi di Lebanon

Begini Pesan Pemimpin Jihad Palestina di Suriah untuk Kamp Pengungsi di Lebanon

SURIAH (Jurnalislam.com) – Seorang pemimpin jihadis Palestina di Suriah, Abu Muhammad al Filistini, kemarin, Selasa (6/2/2018) mengeluarkan sebuah pesan untuk jihadis di Lebanon dan warga Palestina di kamp pengungsian Ain el Helwe di dekat kota Sidon, Lebanon selatan, lansir Long War Journal.

Filistini, yang merupakan Amir Saraya Ghuraba Filistin – sub unit dari faksi Uighur Katibat al Ghuraba al Turkistan – membahas banyak topik dalam pidato singkatnya yang dimaksudkan untuk menjadi motivasi bagi mujahidin. Pesannya juga memberikan alasan mengapa Filistini dan anak buahnya bertempur di Suriah. Namun, yang paling menarik adalah seruan Filistini bagi orang-orang di kamp pengungsian untuk mengangkat senjata.

“Kami mengingat saudara-saudara kita di Lebanon dan di kamp Ain el Helwe, kami memanggil mereka ke tanah jihad. Inilah tanah Suriah yang diberkati,” dia menegaskan.

Pesan Terbaru Dr Ayman al Zawahiri Terkait Kegagalan Arab Spring

Banyaknya warga Palestina di Saraya Ghuraba Filistin yang berasal dari kamp-kamp pengungsi di Suriah atau dari luar negeri. Pidato Filistini secara langsung menyiratkan bahwa dia, dan banyak pengikutnya, bukan berasal dari Suriah. Tapi mendengar pidato publik pertamanya ditujukan ke Lebanon, dan khususnya kamp Ain el Helwe, sangat mungkin bahwa banyak pejuang di Saraya Ghuraba Filistin berasal dari kamp itu.

Banyak faksi-faksi terkait al-Qaeda memanggil kamp tersebut, termasuk Fatah al Islam, yang telah mendukung operasi al Qaeda di Irak dan Suriah di masa lalu. Pada akhir tahun 2013, dilaporkan bahwa Jabhat Nusrah, pada waktu itu cabang Al Qaeda di Suriah, memiliki struktur kepemimpinan terpadu di dalam kamp.

Mujahidin HTS Tembak Jatuh Pesawat Tempur Rusia di Idlib

Katibat al Ghuraba al Turkistan diciptakan tahun lalu dan telah aktif baik di medan perang maupun di media sosial sejak saat itu. KGT baru saja mendapat keunggulan karena kemampuan medianya meningkat. Mereka juga cenderung tumbuh lebih besar dengan mendapatkan pejuang dari kelompok lain, juga penduduk asli Suriah, yang juga dipublikasikan. Akhir bulan lalu, ia menciptakan Saraya Ghuraba Filistin untuk mengakomodasi pejuang Palestina di jajarannya.

Tokoh dan media Al Qaeda telah memainkan peran penting dalam video KGT dan faksi jihad tersebut tidak menyembunyikan ideologinya. Syeikh Usamah bin Laden, Dr Ayman al Zawahiri, Syeikh Abu Musab al Zarqawi, Syeikh Mohammad Atef, Syeikh Saeed al Masri, dan Dr Abdullah Azzam semuanya telah ditampilkan. Klip dari cabang Al Qaeda seperti Shabaab di Somalia dan ada juga Taliban Afghanistan yang merupkan sekutu Al Qaeda, juga ditampilkan.

Bagikan
Close X