AS Bersiap Hadapi Kemungkinan Terburuk Virus Corona

AS Bersiap Hadapi Kemungkinan Terburuk Virus Corona

AMERIKA SERIKAT (Jurnalislam.com)–¬†Amerika Serikat (AS) bersiap menghadapi penyebaran virus corona ketika wabah di Iran, Korea Selatan dan Italia meningkat.

Nancy Messonnier, seorang pejabat Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS, mengatakan kepada wartawan bahwa data penyebaran virus selama sepekan terakhir telah meningkatkan harapan akan penularan di Amerika. “Gangguan pada aktivitas sehari-hari mungkin parah,” tuturnya Selasa (25/2/2020).

Sekretaris Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan AS Alex Azar juga meminta subkomite Senat untuk menyetujui anggaran US$ 2,5 miliar untuk memperluas sistem pengawasan virus corona, membantu pengembangan vaksin dan meningkatkan stok peralatan pelindung.

Pakar WHO mendesak negara-negara untuk meningkatkan persiapan. “Pikirkan virus ini akan muncul besok. Jika kamu tidak berpikir seperti itu, kamu tidak akan siap,” kata Bruce Aylward, kepala misi gabungan WHO-China terkait wabah Corona.

Meski corona dinyatakan sudah mencapai puncak di China namun penyebaran corona di luar negeri itu kian meningkat. Setidaknya sudah ada 39 negara mengonfirmasi kasus corona per Selasa.

Korsel misalnya menjadi negara kedua terbanyak setelah China dengan jumlah kasus 977 dan 10 kematian. Iran juga mencatat lonjakan pada jumlah korban tewas menjadi 16 dan membuat negeri itu sebagai negara dengan pasien meninggal terbanyak setelah China.

Kasus corona yang naik signifikan juga terjadi di Eropa. Italia menjadi sumber corona dengan 280 kasus positif dan 11 orang meninggal.

Sumber: cnbcindonesia

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.