Arab Saudi Tidak Izinkan Polisi Turki Geledah Sumur di Taman Konsulat

Arab Saudi Tidak Izinkan Polisi Turki Geledah Sumur di Taman Konsulat

ISTANBUL (Jurnalislam.com) – Para pejabat Saudi menolak memberikan izin kepada polisi Turki untuk menyisir sumur di taman konsulat mereka di Istanbul sebagai bagian dari penyelidikan Khashoggi yang sedang berlangsung, kata sumber keamanan, Rabu (23/10/2018).

Sumber-sumber itu, yang berbicara dengan syarat anonimitas karena pembatasan berbicara dengan media, mengatakan pasukan keamanan memeriksa gedung konsulat tetapi pejabat Saudi tidak memberikan izin untuk memeriksa taman konsulat dan sumur di dalamnya, lansir Anadolu Agency.

Sebuah tim gabungan Turki-Saudi menggeledah kediaman konsul jenderal serta Konsulat Saudi di Istanbul pekan lalu, sebagai bagian dari investigasi atas pembunuhan jurnalis Saudi, Jamal Khashoggi.

Baca juga: Erdogan: Pembunuh Jamal Khashoggi Rencana Para Pejabat Kerajaan Saudi

Khashoggi, kolumnis The Washington Post, telah hilang sejak memasuki Konsulat Saudi di Istanbul pada 2 Oktober.

Setelah beberapa pekan menyangkal terlibat dalam kepergian Khashoggi, Arab Saudi pada hari Sabtu akhirnya mengumumkan bahwa Khashoggi meninggal dalam perkelahian di dalam konsulat.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada hari Selasa meletakkan temuan awal negaranya dalam penyelidikan, mengatakan pembunuhan Khashoggi “direncanakan sebelumnya”.

Baca juga:  Trump: Penanganan Kasus Khashoggi oleh Saudi Terburuk dalam Sejarah Menutup-nutupi

Para pemimpin dunia telah meminta pemerintah Saudi untuk memberikan jawaban yang lebih konkret atas kematiannya di tengah kecaman global.

Pada hari hilangnya Khashoggi, 15 warga Saudi lainnya, termasuk beberapa pejabat, tiba di Istanbul dengan dua pesawat dan mengunjungi konsulat saat dia masih di dalam gedung, menurut sumber-sumber polisi Turki. Semua orang yang diidentifikasi telah meninggalkan Turki.

Bagikan

2 thoughts on “Arab Saudi Tidak Izinkan Polisi Turki Geledah Sumur di Taman Konsulat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close X