Arab Saudi Ajak Masyarakat Internasional Untuk Tidak Tanggapi Keputusan AS

Arab Saudi Ajak Masyarakat Internasional Untuk Tidak Tanggapi Keputusan AS

KAIRO (Jurnalislam.com) – Liga Arab sedang mempersiapkan sebuah peta jalan untuk menanggapi keputusan Presiden AS Donald Trump untuk mengakui Yerusalem sebagai ibukota Israel, menurut juru bicara liga, lansir Anadolu Agency, Sabtu (9/12/2017).

Menteri luar negeri Arab akan mengadakan pertemuan darurat di Kairo pada hari Sabtu untuk membahas dampak keputusan AS yang secara resmi mengakui Yerusalem sebagai ibukota Israel.

“Akan ada penegasan hak Palestina untuk mendirikan sebuah negara merdeka dan pentingnya Yerusalem,” kata Mahmud Afifi dalam pernyataan di televisi.

“Peta jalan juga akan dipaparkan, yang akan diadopsi dari pihak Arab Saudi untuk mengajak masyarakat internasional agar tidak menanggapi keputusan AS” tambahnya.

Pindahnya Ibukota Israel ke Yerusalem, Arab Saudi Tidak akan Bantah Keputusan Trump

Pada hari Rabu, Trump secara resmi mengakui Yerusalem sebagai ibukota Israel, dalam sebuah langkah yang membalikkan dekade kebijakan AS untuk tetap netral di kota suci tersebut.

Keputusan tersebut memicu demonstrasi massal di wilayah Palestina dan di seluruh dunia Muslim.

Yerusalem tetap menjadi jantung konflik Israel-Palestina, dengan orang-orang Palestina berharap bahwa Yerusalem Timur – yang sekarang dijajah oleh Israel – pada akhirnya dapat berfungsi sebagai ibukota negara Palestina.

Bagikan
Close X