AQAP Serang Pos Militer Yaman, 5 Tentara Tewas

17 Juli 2017
AQAP Serang Pos Militer Yaman, 5 Tentara Tewas

YAMAN (Jurnalislam.com) – Lima tentara Yaman tewas dan tiga lainnya cedera pada hari Ahad (16/7/2017) ketika milisi  bersenjata yang diduga berhubungan dengan Al-Qaeda menyerang sebuah pos pemeriksaan militer, kata seorang sumber tentara, World Bulletin melaporkan.

Serangan hari Ahad adalah yang terbaru dalam serangkaian penembakan yang diduga dilakukan mujahidin AQAP yang menargetkan pos pemeriksaan militer dan pos terdepan di Yaman.

AQAP, yang dinilai oleh Amerika Serikat sebagai cabang jaringan jihadis dunia yang paling berbahaya.

Amerika Serikat telah mengintensifkan serangan udara terhadap situs yang dicurigai AQAP di Yaman sejak Presiden Donald Trump mulai menjabat pada bulan Januari.

Pemerintah Yaman, yang bersekutu dengan koalisi militer Arab pimpinan Saudi, telah bertahun-tahun memerangi pemberontak Syiah Houthi yang didukung Iran untuk menguasai negara terpuruk tersebut.

Organisasi Kesehatan Dunia memperkirakan bahwa lebih dari 8.000 orang terbunuh akibat konflik Yaman yang berkepanjangan, kebanyakan dari mereka warga sipil, sejak koalisi pimpinan Saudi ikut campur dalam konflik tahun 2015.

Negara ini juga terkena wabah kolera yang mematikan dan berada di jurang kelaparan.