Responsive image

Angkatan Darat Turki Kuasai Sebuah Desa Strategis dan Dua Bukit Afrin

Angkatan Darat Turki Kuasai Sebuah Desa Strategis dan Dua Bukit Afrin

SURIAH (Jurnalislam.com) – Tentara Pembebasan Suriah (the Free Syrian Army-FSA), yang didukung oleh Angkatan Bersenjata Turki, pada hari Selasa (23/1/2018) menduduki sebuah desa strategis dan dua bukit di Afrin, Suriah, menurut koresponden Anadolu Agency di wilayah tersebut.

Desa Hammam, di Jindaras di wilayah barat laut Afrin, berada di lokasi yang strategis, karena para milisi dukungan AS yaitu PYD/PKK telah menggunakannya untuk menyerang distrik selatan Turki Reyhanli di provinsi Hatay.

Desa ini juga terletak di lembah yang membentang antara perbatasan Turki dan kota Afrin.

Turki Perluas Operasi Militernya di Suriah

Turki pada hari Sabtu meluncurkan Operation Olive Branch untuk mengusir PYD/PKK dan sisa-sisa IS dari Afrin.

Menurut Staf Umum Turki, operasi tersebut bertujuan untuk membangun keamanan dan stabilitas di sepanjang perbatasan Turki dan wilayah Timur Tengah serta melindungi orang-orang Suriah dari penindasan dan kekejaman teroris.

Operasi tersebut dilakukan di bawah kerangka hak Turki berdasarkan hukum internasional, resolusi Dewan Keamanan PBB, hak pembelaan diri berdasarkan Piagam PBB, dan penghormatan terhadap integritas teritorial Suriah, kata mereka.

Moskow: Pentagon Persenjatai Milisi PYD dengan Senjata Canggih

Pihak militer juga mengatakan “sangat ditekankan” agar tidak merugikan warga sipil.

Afrin telah menjadi tempat persembunyian utama bagi PYD/PKK sejak Juli 2012 ketika rezim Syiah Nushairiyah Bashar al-Assad menyerahkan kota tersebut ke kelompok teror tersebut secara cumc-cuma.

Bagikan
Close X