Analis Senior: Aneh, KTT Liga Arab Kemarin Tidak Bahas Serangan Koalisi AS di Suriah

16 April 2018
Analis Senior: Aneh, KTT Liga Arab Kemarin Tidak Bahas Serangan Koalisi AS di Suriah

DOHA (Jurnalislam.com) – Para pemimpin di KTT Liga Arab tidak membahas serangan yang dipimpin AS yang terjadi sebagai akibat dari penggunaan senjata kimia oleh rezim Assad di Suriah.

KTT berlangsung di Arab Saudi pada hari Ahad (15/4/2018), sehari setelah serangan terkoordinasi oleh AS, Inggris dan Prancis pada tiga lokasi yang diduga terkait dengan produksi senjata kimia di Suriah.

Analis politik senior Al Jazeera, Marwan Bishara mengatakan “aneh” jika serangan baru-baru ini di Suriah oleh Koalisi AS tidak ada dalam agenda KTT Liga Arab.

“Itu sangat aneh,” katanya. “Itu yang kita sebut sebagai pertemuan tanpa tujuan.”

Amerika, Inggris dan Perancis Lancarkan Serangan Udara ke Suriah Hari Ini

Menurut seorang juru bicara KTT, para pemimpin itu akan membahas konflik Suriah tetapi tidak membahas serangan yang menargetkan situs-situs dekat Damaskus serta di provinsi Homs.

Para pemimpin menyerukan penyelidikan internasional dan mengutuk penggunaan senjata kimia di Suriah, Menteri Luar Negeri Saudi Adel al-Jubeir mengatakan kepada wartawan setelah KTT.

Inilah 3 Tujuan Pokok Pasukan Amerika di Suriah Sebelum Pulang ke AS

Arab Saudi, Bahrain dan Qatar sebelumnya telah mengeluarkan pernyataan mendukung tindakan tersebut, sementara Mesir, Irak dan Libanon menyatakan keprihatinan mereka.

Presiden Suriah Bashar al-Assad, yang membantah menggunakan atau memiliki senjata kimia, tidak hadir pada pertemuan itu setelah Suriah dikeluarkan dari keangotaan Liga Arab pada tahun 2011.