Aliansi Merah Putih Peduli Suriah Demo Kedubes Rusia

JAKARTA (Jurnalislam.com) – Aliansi Merah Putih Peduli Suriah menggelar aksi unjuk rasa di depan Kedutaan Besar Rusia Jl Rasuna Said, Jakarta, Jumat (8/1/2016). Aliansi yang terdiri dari sejumlah ormas dan NGO kemanusiaan ini mengutuk intervensi Rusia di Suriah.

“Kehadiran kita di sini adalah sebagai bentuk kepedulian, solidaritas kita atas apa yang terjadi di Suriah,” kata koordinator aksi Wisnu Teguh Tri Kuncoro.

Wisnu mengatakan, apa yang terjadi di Suriah adalah pelanggaran HAM berat. “Sesungguhnya apa yang terjadi di Suriah sudah jelas dan gamblang, yang terjadi di sana adalah pelanggaran HAM dan pembantaian,” tegas Wisnu.

Beberapa perwakilan ormas dan NGO menyampaikan orasinya. Seperti yang disampaikan perwakilan Muhammadiyah Disaster Management Center (MCDC), Novel. Ia mengatakan, jika umat Islam Indonesia tidak bersatu maka apa yang terjadi di Suriah bisa terjadi di Indonesia.

“Kita harus bersatu di bawah kalimat Laa ilaaha illallah,” tegasnya.

Massa juga terlihat membawa spanduk berisi kecaman terhadap pemeritah Rusia dan ungkapan empati terhadap korban kekejaman serangan militer Rusia.

Aliansi Merah Putih Peduli Suriah merupakan gabungan sejumlah ormas dan NGO kemanusiaan yang menaruh perhatian terhadap krisis kemanusiaan Suriah. Forum Indonesia Peduli Syam, Majelis Az-Zikra, Sinergi Foundation, Sapa Islam, Road 4 Peace, Auction4Humanity, Charity4Syria, Human Right Care for Palestine, Islampos Aid, Mahasiswa Pecinta Islam, Syam Organizer, KAMMI, Sahabat Al Aqsha, Sahabat Suriah, Muhammadiyah Disaster Management Centre (MDMC), World Human Care, Hilal Ahmar Society Indonesia, Tim Pengacara Muslim tergabung di dalamnya.

Reporter: Zul, Irfan | Editor: Ally | Jurnalislam

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.