Aa Gym Prihatin Atas Penolakan Jenazah Korban Corona

Aa Gym Prihatin Atas Penolakan Jenazah Korban Corona

BANDUNG (Jurnalislam.com)- Pengasuh Pondok Pesantren Daarut Tauhid Ustaz Abdullah Gymnastiar mengaku prihatin manakala mendengar terjadi penolakan pemakaman jenazah COVID-19 di sejumlah daerah.

 

Penolakan, kata ia, timbul karena ketidaktahuan atau minimnya informasi yang diterima masyarakat soal COVID-19, khususnya protokol pemulasaran jenazah COVID-19.

 

Sebagai langkah antisipatif, ulama yang akrab disapa Aa Gym ini mengajak semua pihak untuk gencar mengedukasi masyarakat terkait protokol pemulasaran jenazah COVID-19, supaya kejadian serupa tidak terulang.

 

“Bisa dibayangkan pedihnya keluarga, sudah wafat tidak bisa dekat, tidak bisa mengurus jenazah dengan baik, lalu masyarakat bersikap seperti ini,” katanya pada kamis, (2/4/2020).

“Jadi memang sebaiknya lebih agresif dalam memberikan sosialisasi, sehingga tidak terulang lagi peristiwa seperti ini (penolakan pemakaman jenazah COVID-19),” tambahnya.

Solusi terbaik saat ini adalah semua pihak, tidak saling tunggu dan saling menyalahkan, ikut mengedukasi masyarakat sesuai dengan peran, kemampuan, dan caranya masing-masing.

“Terima jenazah yang sudah diproses dengan prosedur kedokteran yang benar, prosedur medis yang benar, prosedur agama. Kita harus menerima dan memuliakan jenazah. Jangan takut,” pungkas Aa Gym.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X