Perkuat Peran dalam Syiar Dakwah Digital, Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah Kota Semarang Adakan Pelatihan Kreator Digital Penggerak 

Perkuat Peran dalam Syiar Dakwah Digital, Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah Kota Semarang Adakan Pelatihan Kreator Digital Penggerak 

SEMARANG (jurnalislam.com)- Ruang kuliah GKB 1 Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) ramai dipenuhi ibu-ibu berpakaian seragam ‘Aisyiyah pada Ahad pagi, (13/10/2024). Pada hari tersebut, Lembaga Pendidikan dan Penelitian Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah (LPPA PDA) Kota Semarang berkolaborasi dengan Fakultas Ilmu Pendidikan dan Humaniora (FIPH) Unimus menyelenggarakan kegiatan “Pelatihan Kreator Digital Penggerak ‘Aisyiyah”. 

Pelatihan ini merupakan kegiatan perdana dari implementasi perjanjian kerjasama antara PDA Kota Semarang dengan FIPH Unimus yang ditandatangani pada pembukaan acara pelatihan tersebut.

Ibu Ir. Indah Sunarni, ketua LPPA PDA Kota Semarang selaku ketua panitia pelaksana kegiatan ini dalam laporannya menyampaikan bahwa salah satu tujuan diadakan pelatihan ini adalah agar ‘Aisyiyah, khususnya di Kota Semarang, dapat menjawab tantangan dunia digital saat ini di bidang desain grafis dan kemampuan editing video, sehingga mampu berkiprah dalam syiar dakwah digital secara interaktif dan menarik. 

Ia juga berharap dengan adanya pelatihan ini, akan tampak dan bermunculan para kreator-kreator ‘Aisyiyah yang nantinya dapat berkolaborasi membentuk sebuah tim khusus sebagai motor penggerak syiar digital ‘Aisyiyah Kota Semarang.

Sebanyak 80 orang peserta dari PDA Kota Semarang, perwakilan PCA se-Kota Semarang, dan juga anggota Nasyiatul ‘Aisyiyah Kota Semarang bersemangat menimba ilmu dalam pelatihan ini. 

Sebagai instruktur, telah hadir Bapak Sonni Kurniawan, S.Tp., Wakil Sekretaris Majelis Pembinaan Kader dan Sumber Daya Insani Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah, yang juga merupakan anggota pleno Pimpinan Cabang Muhammadiyah Banyumanik. Bapak Sonni didampingi oleh tim PSDM Banyumanik sebagai fasilitator pelatihan.

Materi pelatihan menitikberatkan kepada praktek langsung desain grafis melalui aplikasi canva dan editing video menggunakan aplikasi capcut. Materi disampaikan secara terstruktur dan mudah dipahami. Hadirnya fasilitator dari tim PSDM Banyumanik sangat membantu peserta dalam melakukan praktek atas materi yang diberikan. 

“Seru!”, “Mantap!”, “Keren!” adalah beberapa ekspresi dari peserta di akhir acara terkait kesannya terhadap kegiatan pelatihan dan materi yang disampaikan oleh instruktur.

Melihat antusiasme peserta selama kegiatan pelatihan berlangsung, besar harapan panitia penyelenggara bahwa kegiatan pelatihan ini dapat bermanfaat dan akan menguatkan peran ‘Aisyiyah dalam syiar dakwah secara digital di masa mendatang.

Bagikan