Israel Mulai Memompa Air Laut ke Terowongan Gaza

Israel Mulai Memompa Air Laut ke Terowongan Gaza

GAZA (jurnalislam.com)- Media Amerika Serikat, The Wall Street Journal (WSJ), melaporkan bahwa pada hari Selasa (12/12/2023), Tentara Israel mulai memompa air laut ke dalam terowongan Gaza. Tindakan ini dapat berpotensi menyebabkan kerusakan lingkungan jangka panjang di wilayah tersebut.

The Wall Street Journal (WSJ) melaporkan bahwa proses tersebut kemungkinan akan memakan waktu berminggu-minggu, sementara pihak Palestina dan Israel mengatakan bahwa hal tersebut berisiko terhadap nyawa para sandera yang ditahan oleh Hamas dan dapat dianggap sebagai kejahatan perang.

ABC News melaporkan bahwa strategi memompa air laut tersebut tampaknya akan terbatas seiring pihak Israel mengevaluasi efektivitas strategi tersebut. Tidak ada informasi lebih lanjut yang diberikan dan juga tidak ada keterangan dari tentara Israel.

Awal bulan ini, WSJ, mengutip dari para pejabat AS, melaporkan bahwa Israel merakit sistem pompa besar yang mungkin digunakan untuk membanjiri terowongan yang digunakan oleh kelompok perlawanan Hamas Palestina di Jalur Gaza dalam upaya untuk mengusir zionis Israel.

Sekitar pertengahan November, tentara Israel menyelesaikan pembangunan setidaknya lima pompa sekitar satu mil sebelah utara kamp pengungsi Al-Shati yang dapat mengalirkan ribuan meter kubik air per jam, sehingga dapat membanjiri terowongan dalam waktu beberapa minggu, kata laporan itu.

Beberapa pemerintah di Washington telah menyatakan dukungannya terhadap langkah tersebut. Namun hal ini menimbulkan kekhawatiran bahwa banjir berpotensi membunuh sandera Israel yang ditangkap oleh Hamas selama serangannya pada tanggal 7 Oktober di Israel selatan.

Namun Presiden AS Joe Biden mengatakan pada hari Selasa bahwa ia tidak dapat memastikan apakah ada di antara para tawanan tersebut, termasuk warga Amerika, yang masih berada dalam sistem terowongan.

“Sehubungan dengan banjirnya terowongan, ada pernyataan yang dibuat bahwa mereka [Israel] yakin tidak ada sandera di terowongan mana pun. Tapi saya tidak mengetahui faktanya,” kata Biden.

Dijuluki ‘Metro Gaza’, sebagian besar terowongan ini dibangun pada tahun 1980-an ketika digunakan untuk memasukkan barang-barang di bawah kota Rafah yang baru terpecah.

Jaringan ini menjadi lebih penting dan maju setelah pengetatan blokade Israel pada tahun 2007, yang memutus akses Gaza dari dunia luar.

Ada kekhawatiran bahwa air laut, jika dialirkan ke dalam terowongan, akan membahayakan sisa pasokan air di Gaza yang sudah sangat asin, dan mengakibatkan kerusakan lingkungan yang tidak dapat diperbaiki, yang mungkin bisa dikategorikan sebagai kejahatan perang.

Sudah ada seruan internasional untuk mengadili pejabat Israel atas dugaan ‘genosida’ di wilayah Gaza.

Pemboman Israel yang belum pernah terjadi sebelumnya telah membunuh lebih dari 18.400 orang, kebanyakan dari mereka adalah wanita dan anak-anak, kata kementerian kesehatan Gaza.

Menurut diplomat utama Uni Eropa, Josep Borrell, serangan Israel tersebut telah menghancurkan sebagian besar infrastruktur Gaza, dengan kerusakan yang lebih parah dibandingkan yang terjadi di Jerman pada Perang Dunia Kedua.

Sumber: newarab

Reporter: Bahri

Bagikan