Ekonomi AS Mengalami Krisis Terburuk Dalam Lima Tahun

NEW YORK (jurnalislam.com) –  Laporan yang dirilis pada hari Rabu (25/6/2014) menunjukkan Ekonomi AS mengalami kuartal terburuk dalam lima tahun sejak awal tahun 2014.

Ekonomi terbesar di dunia ini menyusut pada tingkat tahunan sebesar 2,9 persen selama tiga bulan pertama tahun ini, menurut revisi akhir laporan produk domestik bruto Departemen Perdagangan AS.

Turunnya konsumsi rumah tangga dan revisi tajam pada biaya perawatan kesehatan memberikan kontribusi terhadap kejatuhan perekonomian AS.

Laporan itu membuat sebagian besar analis Wall Street terkejut, bahwa ekonomi Amerika  diperkirakan akan menunjukkan penurunan 1,9 persen dari kuartal sebelumnya.

Laporan pada hari Rabu tersebut adalah revisi kedua dari data GDP. Yang sebelumnya perkiraan sementara pertama di bulan April menunjukkan kenaikan 0,1 persen ternyata meleset .

Penurunan PDB riil mencerminkan penurunan investasi swasta, ekspor, serta belanja negara dan pemerintah daerah.

Musim dingin yang parah di Amerika, memberikan pengaruh terhadap melemahnya perkiraan PDB pertama dan kedua, namun dalam revisi, penurunan ini lebih diakibatkan oleh asumsi yang terlalu optimis tentang pengeluaran rumah tangga untuk rencana perawatan kesehatan 'Obamacare', analis menjelaskan.

Laporan yang lebih buruk dari perkiraan tersebut adalah jatuhnya pasar saham di seluruh dunia. [ded412/AA]

 

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.