60 Lebih Korban Aleppo Tiba di Rumah Sakit Turki

60 Lebih Korban Aleppo Tiba di Rumah Sakit Turki

ANKARA (Jurnalislam.com) – Lebih dari 60 orang yang terluka dari kota Aleppo yang kritis akibat serangan brutal rezim Assad dan Rusia kini sedang dirawat di rumah sakit Turki, kepala Bulan Sabit Merah Turki (the Turkish Red Crescent) mengkonfirmasi pada hari Jumat (16/12/2016), lansir Anadolu Agency.

Di Twitter, Kerem Kinik mengatakan, “Lebih dari 60 orang terluka telah dibawa ke rumah sakit Turki dari Aleppo yang terkepung sejauh ini,” tapi tidak memberikan jumlah pasti.

Menteri Kesehatan Turki Recep Akdag juga mengatakan kepada televisi Turki Kanal 24 tentang langkah-langkah yang diambil di perbatasan Suriah Border Gate Cilvegozu, bahwa, “Kami menyiapkan tiga rumah sakit lapangan. Kami memiliki 13 ambulans dengan staf dan tiga tim penyelamat medis di sana.

“Sekitar 50 personil akan menyambut yang terluka dan mengambil tindakan segera. Semuanya sudah siap menerima para korban untuk dirawat ke provinsi Hatay, Adana, dan Mersin yang terletak paling dekat.”

Akdag menambahkan bahwa lebih dari 800 tempat tidur di seluruh negeri telah dicadangkan berjaga-jaga jika korban yang terluka tiba-tiba masuk dari Suriah.

Dia mengatakan telah menulis surat mendesak Organisasi Kesehatan Dunia PBB (the World Health Organization-WHO) untuk terlibat langsung. “Ada krisis kesehatan utama. Ini bukan hanya korban yang terluka. Anak-anak tidak diberi makan. Tidak ada yang mendapatkan vaksinasi. Kami melihat epidemi.”

Secara terpisah, Hasan Aydinlik, kepala Layanan Darurat Turki, mengatakan kepada wartawan di distrik Reyhanli Hatay, “Dari 55 koran terluka yang dibawa ke Turki, satu meninggal karena cedera, dan satu bayi berusia dua tahun dan empat orang lainnya masih dalam kondisi kritis.”

 

Bagikan
Close X