126 Orang Tewas dalam Bencana Banjir di Jepang

10 Juli 2018
126 Orang Tewas dalam Bencana Banjir di Jepang

JEPANG (Jurnalislam.com) – Jumlah korban tewas di Jepang barat setelah banjir, hujan lebat dan tanah longsor telah mencapai 126, Kantor Berita Kyodo melaporkan, Senin (9/7/2018).

Sekitar 270.000 rumah saat ini menderita tanpa layanan air bersih di 12 prefektur pada Senin malam. Jalanan juga rusak dan banjir di banyak daerah serta layanan kereta api terganggu, kata badan itu.

Sebagian besar korban tewas di perfektur Hiroshima, di mana ratusan rumah rusak.

Korban lainnya dilaporkan di Prefektur Ehime, Okayama, Yamaguchi, Kyoto, Gifu, Shiga, Hyogo, Kochi dan Fukuoka.

Operasi pencarian dan penyelamatan ditingkatkan di daerah-daerah yang dilanda bencana, dan 73.000 penyelamat telah dikirim, kata Perdana Menteri Shinzo Abe pada hari Senin, lansir Anadolu Agency.

Setelah Diterjang Badai Kini Dilanda Banjir, Belasan Ribu Warga California Mengungsi

Sementara itu, Badan Meteorologi Jepang memperingatkan penduduk setempat akan ada lebih banyak tanah longsor dan banjir. Hingga 6,3 juta orang diperintahkan untuk meninggalkan rumah mereka di 19 prefektur.

Pihak berwenang yakin jumlah korban tewas akan meningkat karena banyak orang yang diyakini terdampar di rumah mereka karena kurangnya akses ke jalan.

Di tujuh prefektur, sekitar 5.100 rumah menghadapi pemadaman mulai Senin malam, menurut Departemen Ekonomi, Perdagangan, dan Industri.

“Jalan-jalan yang rusak membuat para pekerja tidak masuk ke wilayah-wilayah yang terkena bencana, menunda pemulihan tenaga listrik di beberapa tempat,” lembaga itu melaporkan.