10 Jawaban Erdogan atas Pertanyaan Operasi Militer di Suriah

10 Jawaban Erdogan atas Pertanyaan Operasi Militer di Suriah

ANKARA (Jurnalislam.com) – Pada akun Twitter resminya, presiden Turki menjawab 10 pertanyaan – baik dalam bahasa Turki maupun Inggris – tentang Operation Olive Branch, yang akan memasuki pekan kedua pada hari Sabtu (26/1/2018).

Kepresidenan memberikan penjelasan ringkas tentang berbagai aspek operasi, termasuk tujuan utamanya dan dampak ekonomi serta kemanusiaan yang diantisipasi.

Sabtu lalu, Turki, bekerja sama dengan Tentara Pembebas Suriah (FSA), meluncurkan Operation Olive Branch untuk menghapuskan kehadiran pasukan PYD/PKK dan IS di distrik Afrin utara Suriah.

Pertempuran Turki vs Amerika di Ambang Pintu Kota Manbij, Suriah

PYD/PKK telah menikmati kehadirannya yang kuat di Afrin – terletak di dekat perbatasan Turki – sejak pertengahan 2012, ketika pasukan rezim Syiah Suriah mundur dari daerah tersebut tanpa pertempuran.

Menurut Staf Umum Turki, operasi tersebut terutama ditujukan untuk membersihkan daerah perbatasan dari elemen teroris dan melindungi penduduk sipil setempat.

Operasi dilakukan berdasarkan hukum internasional; resolusi Dewan Keamanan PBB; hak untuk membela diri sebagaimana diabadikan oleh piagam PBB; dan menghormati kesatuan Suriah dan integritas teritorial.

Pejabat militer Turki, sementara itu, sangat menekankan untuk menghindari korban sipil.

Berikut adalah beberapa pertanyaan dan jawaban yang diberikan oleh kepresidenan Turki, yang dirilis oleh Anadolu Agency:

Apakah Operasi Ranting Zaitun (Olive Branch)?

Operation Olive Branch adalah operasi yang diluncurkan Turki pada hari Sabtu untuk melawan teroris PYD/PKK dan IS dan dilakukan di bawah kerangka hak Turki berdasarkan undang-undang internasional, resolusi Dewan Keamanan PBB, dan hak untuk membela diri berdasarkan Pasal 51 Konvensi PBB serta penghormatan untuk Integritas teritorial Suriah.

Apakah keamanan nasional Turki beresiko?

Turki adalah target langsung dari organisasi teroris PYD/PKK dan IS, yang keduanya meningkatkan serangan mereka ke Turki setelah perang Suriah dimulai pada 2011. Lebih dari 700 serangan terhadap Turki telah dilakukan dari wilayah Suriah dalam setahun terakhir saja.

Apa tujuan operasi itu?

Operasi Olive Branch bertujuan untuk membangun keamanan dan stabilitas di sepanjang wilayah perbatasan Turki-Suriah dan untuk melindungi warga sipil Suriah dari serangan-serangan kelompok teroris. Operasi ini juga bertujuan untuk memastikan kembalinya pengungsi Suriah yang selamat ke rumah mereka.

Siapa target utama operasi?

Operasi tersebut secara khusus menargetkan kelompok teroris PYD/PKK dan IS. Operasi ini tidak menargetkan kelompok agama atau etnis tertentu.

Kapan operasi akan berakhir?

Operasi akan berlanjut sampai ancaman keamanan terkait terorisme di wilayah tersebut dieliminasi dan teroris terakhir dinetralisir.

Akankah operasi ini merugikan warga sipil?

Perhatian sepenuhnya diberikan untuk menghindari bahaya bagi penduduk sipil di wilayah ini.

IS merupakan salah satu target utama operasi. Berlawanan dengan kepercayaan populer, kelompok PYD/PKK dan IS sesungguhnya bekerja sama untuk mencapai tujuan mereka.

Apa arti operasi bagi keamanan Eropa?

Operasi tersebut akan berfungsi untuk mengamankan perbatasan selatan NATO. Terlebih lagi, operasi akan menghambat arus elemen teroris dan migran tak berdokumen ke Eropa.

Bagaimana operasi ini akan mengurangi arus keluar pengungsi dari Suriah?

Operasi tersebut bertujuan untuk menstabilkan kawasan ini, sehingga mencegah arus keluar pengungsi baru dan memungkinkan pengungsi Suriah kembali ke rumah mereka. Setelah Operasi Euphrates Shield yang sukses di Turki, lebih dari 100.000 pengungsi telah kembali ke Jarablus. Kesimpulan keberhasilan Operation Olive Branch akan memungkinkan 500.000 pengungsi kembali ke Afrin.

Akankah operasi tersebut mempengaruhi ekonomi Turki?

Meskipun ekonomi kawasan ini berkembang negatif baru-baru ini, ekonomi Turki adalah salah satu ekonomi dengan pertumbuhan tercepat di dunia tahun lalu, yaitu tumbuh lebih dari 11 persen pada kuartal terakhir. Perekonomian Turki tidak terpengaruh oleh usaha kudeta 2016 yang gagal atau Operation Euphrates Shield. Dampak ekonomi dari Operation Olive Branch kemungkinan akan diabaikan.

Bagikan
Close X