Turki pada Penduduk Idlib: Kami akan Lindungi Mereka

Turki pada Penduduk Idlib: Kami akan Lindungi Mereka

KONYA (Jurnalislam.com) – Turki bertekad penduduk di provinsi Idlib Suriah barat laut tidak akan dipindahkan dari wilayah mereka, Yayasan Bantuan Kemanusiaan yang berbasis di Istanbul (IHH) mengatakan pada hari Ahad (16/9/2018).

“Penduduk Idlib berusaha membuat dunia mendengarkan suara mereka. Dengan tekad Turki, mereka akan tinggal di tanah mereka dan kami akan melindungi mereka,” kata Erhan Yemelek, koordinator IHH Suriah kepada Anadolu Agency.

Yemelek mengatakan Idlib telah menjadi kota yang menjadi tuan rumah pengungsi internal Suriah dari setiap wilayah negara.

Menyatakan bahwa kota saat ini memiliki 3-4 juta orang, dia berkata: “Setelah KTT Tehran, warga Idlib menjadi khawatir. Mereka menunggu dunia untuk memperhatikan Idlib.”

Baca juga: 

Pada 7 September, KTT trilateral antara presiden Turki, Rusia dan Iran menggarisbawahi bahwa “tidak akan ada solusi militer untuk konflik Suriah” dan menyerukan memajukan proses politik untuk mencapai solusi yang dirundingkan.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyerukan gencatan senjata di Idlib selama KTT.

Yemelek menambahkan bahwa Turki adalah negara penjamin (dengan Rusia dan Iran) di wilayah tersebut, dan orang-orang di sana telah berdoa siang dan malam agar Turki tidak meninggalkan mereka sendirian.

Menekankan bahwa rakyat Suriah telah menderita selama tujuh atau delapan tahun terakhir, dia mengatakan mereka tidak ingin menjadi beban di pundak Turki dan ingin hidup di tanah mereka sendiri.

Baca juga: 

Dia juga meminta semua organisasi non-pemerintah untuk membantu memenuhi kebutuhan orang-orang yang tinggal di kamp-kamp di daerah pedesaan dekat perbatasan Idlib.

Rezim Syiah Suriah baru-baru ini mengumumkan rencana untuk meluncurkan serangan militer besar di Idlib, yang telah lama dikendalikan oleh berbagai kelompok oposisi bersenjata dan faksi-faksi jihad.

Kemudian, PBB memperingatkan bahwa serangan semacam itu akan mengarah pada “bencana kemanusiaan terburuk di abad ke-21”.

Terletak di dekat perbatasan Turki, Idlib adalah rumah bagi lebih dari 3 juta warga Suriah, banyak di antaranya melarikan diri dari kota-kota lain ke Idlib setelah serangan brutal  pasukan rezim Nushairiyah Assad.

Bagikan

2 thoughts on “Turki pada Penduduk Idlib: Kami akan Lindungi Mereka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X