Turki: Oposisi Moderat Harus Jadi Bagian Solusi Politik di Idlib

Turki: Oposisi Moderat Harus Jadi Bagian Solusi Politik di Idlib

IDLIB (Jurnalislam.com) – Oposisi Moderat harus menjadi bagian dari solusi politik di Idlib, Presiden Turki mengatakan kepada surat kabar Rusia, Kommersant, pada hari Ahad (23/9/2018).

Recep Tayyip Erdogan mengatakan bahwa Turki memprioritaskan warga sipil, pelestarian zona de-escalation dan melindungi kelompok oposisi moderat sejak awal masalah Idlib.

“Mungkin ada pendekatan yang berbeda dari berbagai negara tentang oposisi moderat,” menurut Erdogan. “Tapi kami berpikir bahwa oposisi moderat harus tetap dalam proses politik,” lansir Anadolu Agency, Senin (24/9/2018).

Baca juga: 

Keterlibatan oposisi diperlukan untuk melaksanakan agenda dalam pembicaraan Jenewa dan Astana dengan cara yang sehat, katanya, mengacu pada perjanjian sebelumnya di Suriah masing-masing oleh PBB, dan Turki, Rusia dan Iran.

Turki menentang setiap upaya yang bertujuan untuk melemahkan oposisi moderat dengan menganggap mereka sebagai “teroris,” kata Erdogan.

Pemimpin Turki itu mengatakan Turki telah bekerja selama bertahun-tahun untuk menjaga perdamaian di Suriah dan membantu jutaan warga sipil kembali ke rumah mereka meski ada propaganda dan taktik kotor oleh rezim Syiah Nushairiyah Bashar al-Assad.

Baca juga: 

Erdogan memuji kesepakatan antara Ankara dan Moskow di Sochi untuk menciptakan zona demiliterisasi di Idlib.

Dia mengatakan pasukan oposisi akan tinggal di daerah mereka dan pejuang lain yang ditentukan oleh kedua negara tidak akan diizinkan beroperasi di wilayah tersebut.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X