Responsive image

Turki Kutuk Keras Pasukan Israel di Gaza

Turki Kutuk Keras Pasukan Israel di Gaza

ANKARA (Jurnalislam.com) – Turki pada hari Ahad (30/9/2018) mengutuk “keras” penggunaan kekuatan Israel yang “berlebihan dan tidak proporsional” terhadap warga sipil tak bersalah di Jalur Gaza.

“Kami sangat mengutuk penggunaan kekuatan yang berlebihan dan tidak proporsional oleh pasukan Israel terhadap warga sipil tidak bersalah yang menggunakan hak mereka berkumpul secara damai di Gaza, yang mengakibatkan pembunuhan 7 warga Palestina dan melukai lebih dari 500 orang,” Kementerian Luar Negeri Turki mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Baca juga: 

Dikatakan bahwa berlanjutnya penggunaan kekuatan oleh pasukan penjajah Israel terhadap penduduk Palestina di wilayah-wilayah pendudukan menunjukkan sekali lagi pentingnya pelaksanaan Resolusi Majelis Umum PBB tentang perlindungan rakyat Palestina.

“Kami menyerukan kepada semua anggota masyarakat internasional yang bertanggung jawab untuk menuntut memastikan pertanggungjawaban para pelaku kejahatan yang dilakukan oleh pasukan keamanan Israel dan untuk mencegah terulangnya serangan serupa di masa depan,” kata pernyataan itu.

Turki akan terus menindaklanjuti masalah ini di forum internasional dan untuk berdiri bersama negara Palestina dan rakyat Palestina, tambahnya.

Baca juga: 

Pada hari Jumat, sedikitnya tujuh orang Palestina gugur dan lebih dari 500 lainnya terluka oleh serangan brutal tentara Israel saat mengambil bagian dalam demonstrasi yang sedang berlangsung di sepanjang zona penyangga Gaza-Israel.

Para pengunjuk rasa – yang telah melakukan demonstrasi sejak 30 Maret – menuntut “hak untuk kembali” ke rumah mereka di Palestina yang bersejarah sejak mereka diusir pada tahun 1948 untuk memberi jalan bagi negara baru Israel.

Baca juga: 

Mereka juga menuntut diakhirinya blokade 11-tahun Israel di Jalur Gaza, yang telah menghancurkan ekonomi kantong pesisir dan merampas komoditas pokok bagi dua juta penduduknya.

Menurut Kementerian Kesehatan Gaza, lebih dari 180 orang Palestina telah dibunuh  – dan ribuan lainnya terluka oleh pasukan zionis Yahudi – sejak aksi unjuk rasa dimulai sekitar enam bulan lalu.

Bagikan

One thought on “Turki Kutuk Keras Pasukan Israel di Gaza

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close X