Sudah 28 Warga Palestina Gugur Diterjang Peluru Israel dalam Aksi Protes 2 Pekan

14 April 2018
Sudah 28 Warga Palestina Gugur Diterjang Peluru Israel dalam Aksi Protes 2 Pekan

PALESTINA (Jurnalislam.com) – Kementerian Kesehatan Gaza mengatakan bahwa seorang pria Palestina berusia 28 tahun telah meninggal oleh tembakan pasukan penjajah Israel dalam aksi protes massal di perbatasan Gaza-Israel.

Korban tewas itu menambah jumlah pemrotes yang tewas dalam protes dua pekan di perbatasan menjadi berjumlah 28. Selain itu, ratusan orang Palestina telah terluka oleh tembakan Israel sejak 30 Maret.

Hari Jumat (13/4/2018) kemarin menandai protes besar ketiga di dekat pagar perbatasan sejak akhir Maret, lansir World Bulletin.

Pangeran Arab Katakan Israel Punyak Hak Tanah di Palestina, Begini Bantahan Analis

Kementerian Kesehatan mengatakan 528 warga Palestina telah terluka dalam protes massal di perbatasan wilayah itu dengan Israel, termasuk 122 pemrotes yang terluka akibat tembakan langsung tentara Israel.

Kementerian itu mengatakan 406 demonstran menderita jenis-jenis cedera lain pada hari Jumat, termasuk terkena peluru baja berlapis karet dan gas air mata.

Kementerian mengatakan 203 dari mereka yang terluka dirawat di rumah sakit dan sisanya di klinik lapangan.

Protes hari Jumat itu menarik ribuan orang, dan merupakan demonstrasi besar-besaran ketiga berturut-turut di hari Jumat di sepanjang perbatasan yang bergejolak itu.

17 Warga Palestina Tewas dan 1.500 Lebih Terluka, Kuwait: DK PBB Gagal

Ribuan warga Palestina berkumpul di lima tenda, beberapa ratus meter dari pagar perbatasan. Kelompok-kelompok kecil bergerak lebih mendekat ke pagar, membakar bendera Israel, melempar batu dan membakar ban.

Militer zonis memperkirakan bahwa sekitar 10.000 warga Palestina berpartisipasi dalam putaran terakhir protes pekanan dan mengatakan jumlah peserta tersebut agak lebih sedikit daripada dalam unjuk rasa sebelumnya selama dua pekan terakhir.