Setelah Mosul Target Pasukan Irak Berikutnya adalah Tal Afar

17 Juli 2017
Setelah Mosul Target Pasukan Irak Berikutnya adalah Tal Afar

IRAK (Jurnalislam.com) – Diskusi merebak di pemerintahan mengenai masa depan Irak setelah mengumumkan kemenangan atas IS di Mosul, sementara sumber mengatakan bahwa pertempuran berikutnya akan terjadi di Tal Afar dan sekitarnya, lansir Al Arabiya, Ahad (16/7/2017).

Karena struktur penduduk kota yang kompleks, PM Irak Haider Abadi akan memerintahkan pasukan gabungan untuk masuk ke kota. Di tengah kebocoran adanya keterlibatan 5.000 milisi Brigade Abbas, akan memimpin pasukan gabungan.

Partisipasi milisi, menurut sumber parlemen, adalah sebagai tanggapan atas keinginan otoritas keagamaan untuk menerapkan kekuatan moderat dalam pertempuran serta menyelesaikan perselisihan antara milisi Syiah Mobilisasi Populer dan Abadi atas serbuan Tal Afar oleh pihak milisi lain yang telah lama menimbulkan kekhawatiran akan kemungkinan pelanggaran terhadap warga sipil.

Sumber keamanan dan militer mengatakan bahwa pertempuran berikutnya, yang akan dimulai dalam dua pekan, akan dilakukan untuk Tal Afar dan wilayah Al-Halabiya dan Ayadiyah.

Di daerah selatan Kirkuk, Mosul dan utara Salahuddin, Pasukan Khusus Irak akan menekan IS dan membatasi gerakannya pada awal pertempuran untuk merebut Tal Afar.