Saudi Persiapkan Prosesi Haji di Tengah Pandemi

Saudi Persiapkan Prosesi Haji di Tengah Pandemi

RIYADH (Jurnalislam.com)– Calon jamaah haji (calhaj) dari luar negeri diizinkan untuk melakukan ibadah haji 2021. Dilansir dari Saudi Gazette, mengutip surat kabar Al-Watan, peziarah dari luar Saudi akan berada di bawah protokol kesehatan yang ketat dan tindakan pencegahan Covid-19.

Pemberian izin itu didasarkan pada keputusan Kementerian Haji dan Umrah pada 9 Mei untuk melanjutkan haji tahun ini dengan semua langkah kesehatan, keamanan dan peraturan untuk menjaga kesehatan dan kesejahteraan para jamaah.

Otoritas Arab Saudi telah menyetujui sejumlah rekomendasi untuk musim haji 1442H. Menurut laporan media Saudi, Okaz, yang dikutip Saudi Gazette, Selasa (25/5), di antara rekomendasi itu ialah meningkatkan protokol kesehatan dan tindakan pencegahan yang diterapkan selama haji 1441 H.

Untuk mereka yang datang dari luar negeri, harus sudah menerima dosis penuh vaksin yang disetujui di Arab Saudi. Mereka harus menunjukkan sertifikat yang dibuktikan oleh otoritas kesehatan resmi di negara jamaah dan sertifikat tes PCR hasil negatif yang dikeluarkan oleh laboratorium yang diakui di negara peziarah.

Dalam laporan Saudi Gazette sebelumnya, disampaikan mengenai vaksin yang disetujui oleh Kementerian Kesehatan Saudi. Ada empat vaksin yang diterima di Saudi, yaitu vaksin virus korona yang diproduksi oleh perusahaan Amerika, Johnson & Johnson dan Moderna. Dua lagi yakni vaksin Pfizer dan AstraZeneca.

Kebijakan yang diterapkan Saudi juga menetapkan prosedur yang harus diikuti di titik masuk di dalam dan di luar negeri. Ini termasuk verifikasi semua dokumen kesehatan, pemeriksaan sertifikat vaksinasi, dan jamaah yang menjalani prosedur skrining visual. Peziarah akan diberangkatkan dalam jalur yang ditentukan untuk area transportasi.

Sumber: republika.co.id

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X